Ini Masalah pada Ban Mobil Saat Terparkir Lama di Garasi

Kompas.com - 15/09/2020, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkurangnya intensitas penggunaan mobil selama periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat, bisa berdampak pada kerusakan beberapa komponen, salah satunya ban.

Ban mobil merupakan komponen yang menahan beban kendaraan ketika posisinya diam. Jika diam terlalu lama di garasi, ada kemungkinan ban akan mengalami flat spot pada bagian yang bersentuhan langsung dengan lantai.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk menjelaskan, flat spot ialah kerusakan pada bagian ban yang menjadi rata karena terlalu lama diam dan menyentuh langsung ke permukaan lantai.

Baca juga: PSBB Jakarta Jilid 2, Pahami Lagi Soal Aturan Berkendara

Ban mobil GetasKompas.com/Fathan Radityasani Ban mobil Getas

"Hal ini bisa terjadi ketika mobil berada lama di garasi karena tidak digunakan. Maka sebelum didiamkan, sebaiknya cek dulu beberapa bagian seperti kebocoran ban, pentil, hingga peleknya," kata dia kepada Kompas.com belum lama ini.

Cara ceknya mudah, cukup oleskan ban menggunakan sabun. Jika ada kebocoran, maka bagian tersebut akan mengeluarkan gelembung.

“Setelah mengecek kebocoran ban, isi tekanan udara yang cukup tinggi. Untuk mobil penumpang, ban bisa diisi sampai 44 psi, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya flatspot,” ucap Zulpata

Baca juga: Mobil Terparkir Lama Saat PSBB, Sebaiknya Jangan Pakai Rem Tangan

Ilustrasi ban kempis.thetruthaboutcars.com Ilustrasi ban kempis.

"Tapi jika ditemukan adanya kebocoran, lebih baik diperbaiki terlebih dahulu daripada ban mengalami kebocoran saat di garasi dan malah menimbulkan masalah lain seperti ban peang karena kekurangan tekanan udara," lanjut dia.

Adapun alasan ban diisi tekanan udara melebihi standarnya itu untuk berjaga-jaga supaya tak cepat kempis karena didiamkan dalam waktu lama. Sebab, tekanan udara pada ban bakal terus berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.