Nissan Elgrand, MPV Besar Pesaing Alphard Bakal Dapat Penyegaran

Kompas.com - 12/09/2020, 09:22 WIB
Nissan Elgrand, MPV besar pesaing Toyota Alphard bakal mendapat penyegaran tahun ini. Nissan GlobalNissan Elgrand, MPV besar pesaing Toyota Alphard bakal mendapat penyegaran tahun ini.

JAKARTA, KOMPAS.comNissan Elgrand merupakan MPV ukuran besar yang siklus hidupnya terbilang lama. Model generasi ketiga yang saat ini masih dijual, secara global sudah hadir sekitar 10 tahun. Sementara, model generasi keduanya hanya berusia 8 tahun.

Tak heran jika santer terdengar kabar bahwa mobil ini bakal segera mendapat penyegaran pada akhir tahun ini.

Menurut laporan Best Car Web, Nissan bakal mengungkap lebih detail mobil ini pada pertengahan Oktober 2020.

Baca juga: Usai New Yaris, Toyota Siapkan Peluncuran Fortuner Baru?

Ilustrasi Nissan Elgrand generasi terbarubestcarweb.jp Ilustrasi Nissan Elgrand generasi terbaru

Ubahan terbesar mobil ini akan datang dari desain fascia yang berubah total. Diperkirakan bahasa desain V-Motion akan tetap melekat pada Elgrand.

Namun dengan gril besar yang membuat kakak dari Nissan Serena ini terlihat lebih mewah dan gagah.

Selain ubahan di eksterior, interior Elgrand juga makin segar dengan desain dasbor serta jok baru, serta berbagai fitur yang memanjakan penumpangnya.

Baca juga: Yaris Bersolek, Honda Jazz Masih Lihat Kondisi

Tampak interior Nissan Elgrand generasi ketigaNissan Global Tampak interior Nissan Elgrand generasi ketiga

Bicara soal penjualan, Elgrand memang bukan yang paling moncer di segmen MPV. Untuk segmen sekelasnya, Toyota Alphard bisa dibilang lebih laris.

Berdasarkan data yang dihimpun Best Car Web, pada Januari-Juli 2020, Elgrand bisa terjual 2.137 unit dengan rata-rata 267 unit per bulan.

Pada saat yang sama, Alphard justru bisa laku hingga 45.945 unit, dengan rata-rata 5.630 unit per bulan.

Baca juga: Terbentur Regulasi Emisi, Jimny Hanya Jadi Kendaraan Komersial

Nissan Serena versi JDMNissan Global Nissan Serena versi JDM

Entah mengapa Nissan tampak lebih memprioritaskan Serena di Jepang. Seperti diketahui, MPV ini mendapat berbagai fitur canggih unggulan Nissan.

Seperti spesifikasi mesin hybrid dengan teknologi e-Power, kemudian sistem keamanan dan keselamatan ProPilot yang memungkinkan mobil lebih peka dengan kondisi sekitar.

Masih dari sumber yang sama disebutkan bahwa ubahan besar-besaran Elgrand akan muncul pada 2022. Jadi pembaruan yang hadir di tahun ini bisa dibilang hanya sekadar facelift.

Ubahannya seperti apa dan seberapa canggih, amat bergantung dari seberapa laku Elgrand. Kabarnya saat itu Nissan akan berbagi platform dengan Mitsubishi Delica D:5 lewat skema aliansi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X