Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Elgrand Versi Mewah Siap Mengganggu Dominasi Toyota Alphard

Kompas.com - 19/06/2014, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Chigasaki City, KompasOtomotif – Sudah menjadi tugas Autech Japan Inc untuk menghadirkan versi spesial dari mobil-mobil Nissan. Setelah Grand Livina Autech yang akan meluncur Jumat (20/6/2014), giliran MPV luks, Elgrand, bakal menyusul dengan aksesori lebih mewah balutan Autech. Indikasi terbesar akan dipamerkan di IIMS 2014, September mendatang.

Indikasi tersebut bisa diketahui ketika KompasOtomotif dan beberapa media lain dari Indonesia mengunjungi kantor pusat Autech Japan Inc di Chigasaki, Kanagawa, (18/6/2014). Satu unit Elgrand Autech warna hitam sedang disiapkan untuk dikirim ke Indonesia bulan depan, sebagai bahan studi PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Donny Apriliananda Jok mewah di Nissan Elgrand Autech.

Wajahnya berubah drastis terutama dilihat dari depan. Gril trapezoid dibuat membesar sampai bawah dengan garis-garis krom. Ciri khas Autech tampak jelas dari pemasangan rumah lampu kabut yang didesain dengan aksen krom. Sekilas wajah semakin galak. Emblem bertuliskan ”VIP” pada bodi semakin menegaskan posisinya menjadi varian tertinggi.

Perubahan besar ada di bagian interior. Jok baris kedua dan ketiga diringkas dengan hanya dua jok model kapten (captain seat) yang besar dengan penggerak elektrik. Jok tebal dilapisi kulit itu punya sandaran kaki dan kenyamanan ekstra. Terdapat kompartemen kecil yang dipasang di belakang jok penumpang belakang.

Donny Apriliananda Dashboard dilapisi kayu.

Mewah
Kesan mewah di dalam semakin tegas dengan karpet tebal warna hitam. Penumpang belakang akan dimanja dengan sistem hiburan dengan layar monitor yang terpasang pada atap. Terdapat atap kaca di atas penumpang belakang. Sementara di bagian depan, dasbor diberi panel kayu.

Meski sudah di depan mata, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI, Budi Nur Mukmin, mengatakan bahwa Elgrand Autech masih akan dipelajari. ”Memang akan dikirim ke Indonesia, tapi tidak dalam waktu dekat peluncurannya. Masih lama,” katanya.

Di pasar MPV mewah, Elgrand menjadi salah satu model yang cukup sukses di Indonesia. Harganya kompetitif, terdiri dari dua tipe yang saat ini dipasarkan, yakni 2.5L dengan harga Rp 838 juta, dan 3.5L berbanderol Rp 920 juta. Berarti, versi Autech akan lebih mahal dan kemungkinan hampir menyentuh Rp 1 miliar. Tentunya hal ini akan jadi daya tarik tersendiri untuk mengganggu dominasi Toyota Alphard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com