Perawatan Mobil, Lebih Baik Berdasarkan Kilometer atau Waktu?

Kompas.com - 11/09/2020, 20:16 WIB
Ilustrasi mengecek jadwal servis mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi mengecek jadwal servis mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Servis kendaraan secara berkala sudah jadi agenda wajib para pemilik mobil. Sulit rasanya ditinggalkan, karena bakal menyangkut perfoma dan bahkan keawetan dari kendaraan itu sendiri.

Namun, apa dasar yang tepat menentukan kapan mobil harus dibawa ke bengkel untuk di servis rutin atau belum? Pasalnya, saat ini ada dua parameter yaitu berdasarkan waktu atau jarak tempuh (kilometer) dari kendaraan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, pemilik mobil diharuskan untuk rutin melakukan servis berkala yaitu setiap 10.000 km, 20.000 km atau 40.000 km.

Baca juga: Kisah Jasa Cuci Mobil Penyandang Tuna Rungu di Tengah Pandemi, Bisa Dipanggil ke Rumah

“Namun ada baiknya lebih perhatikan waktu atau time frame, bukan kilometer (km). Umumnya, jangka waktu melakukan servis berkala adalah enam bulan sekali,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

Pertimbangan waktu juga terkait dengan kondisi macet yang kerap dialami mobil. Di mana mesin mobil hidup, tapi kilometer tidak bertambah, dan saat itu oli tetap bekerja di dalam mesin.

“Selain penggantian oli, di dalam perawatan rutin juga dilakukan pemeriksaan terhadap komponen lain seperti rem, ban, aki dan lainnya,” katanya.

Baca juga: Istilah Ngeblong, Momen Saat Bus Salip Kendaraan Lain

Berikut beberapa bagian yang diperiksa saat melakukan perawatan rutin.
a. Oli mesin dan filternya
b. Saringan udara dan saringan AC yang ada di dalam kabin
c. Busi
d. Oli transmisi dan gardan
e. Minyak rem
f. Cairan pendingin mesin
g. Jumlah air aki
h. Minyak power steering



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X