Sepeda Motor Listrik Belum Wajib Bersuara, Ini Alasannya

Kompas.com - 10/09/2020, 15:01 WIB
Motor listrik Benelli akan dipamerkan di IIMS Motobike Show 2020 Instagram @bingky_bikerstationMotor listrik Benelli akan dipamerkan di IIMS Motobike Show 2020
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan mandat yang mewajibkan seluruh kendaraan bermotor listrik memiliki suara guna menambah keamanan dan keselamatan jalan.

Hal tersebut secara tegas tertulis dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 44 Tahun 2020 yang telah diundangkan pada 22 Juni lalu, Tentang Pengujian Tipe Fisik Kendaraan Bermotor dengan Motor Penggerak Menggunakan Motor Listrik.

Pasalnya, tanpa suara, pejalan kaki serta pengguna jalan lain disebut tidak bakal awas dengan kehadiran mobil maupun listrik di antara mereka. Apalagi kemampuan berkendara warga Indonesia sangat beragam.

Baca juga: Terkait Suara Kendaraan Listrik, Ini Jawaban Kemenhub

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (kanan) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) mengendarai motor listrik di arena Pameran Kendaraan Listrik Masa Depan, kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019). Kegiatan tersebut mengangkat tema Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi dengan Kendaraan Listrik.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (kanan) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) mengendarai motor listrik di arena Pameran Kendaraan Listrik Masa Depan, kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019). Kegiatan tersebut mengangkat tema Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi dengan Kendaraan Listrik.

"Benar, kendaraan listrik diwajibkan memiliki suara yang menyerupai suara kendaraan konvensional atau serupa. Tapi ini masih diwajibkan untuk kendaraan roda empat atau lebih," kata Kepala Seksi Sertifikasi Kendaraan Bermotor Perhubungan Darat Kemenhub, Jabonor.

Ia menjelaskan, masih dibebaskannya sepeda motor listrik dari aturan kepemilikan suara karena belum ada kebijakan global yang memberlakukannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita mengadopsi aturan UN regulation 100 dan 136, nah di sana sepeda motor belum diwajibkan. Kita belum punya referensi untuk batas suara pada motor listrik," jelas Jabo.

"Tapi nanti kita lakukan penyesuaian kembali mengingat populasi kendaraan roda dua di Indonesia sangat banyak," lanjutnya.

Baca juga: Polisi Minta Suara Kendaraan Listrik Harus Diperhitungkan

Motor listrik custom flat track futuristis karya Universitas Budi Luhur dan Katros Garage.Katros Garage Motor listrik custom flat track futuristis karya Universitas Budi Luhur dan Katros Garage.

Lebih jauh, berikut aturan soal suara kendaraan listrik pada Permenhub 44/2020 yang terdapat pada pasal 32;

(1) Untuk memenuhi aspek keselamatan, Kendaraan Bermotor Listrik kategori M, N, dan O harus dilengkapi dengan suara.

(2) Suara yang ditimbulkan oleh Kendaraan Bermotor Listrik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disesuaikan dengan kategori jenis kendaraan dan suara mesin Kendaraan Bermotor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.