Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Toyota Soal Nissan Kicks e-Power yang Jadi Hybrid Termurah

Kompas.com - 10/09/2020, 09:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Status mobil hybrid termurah yang sebelumnya disandang Toyota Corolla Cross, langsung digeser Nissan melalui Kicks e-Power. Mobil yang bermain di segmen SUV compact ini resmi mengaspal di Indonesia dengan banderol Rp 449 juta.

Menanggapi kondisi tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy merasa tak terganggu. Justru dia menjelaskan kedatangan Kicks e-Power akan mengairahkan pasar mobil elektrifikasi, khususnya hybrid.

"Positif sekali, sesuai dengan arahan pemerintah dan juga tren global. Saya rasa memang sudah saat Indonesia memiliki banyak pilihan kendaraan elektrifikasi, tidak hanya dari Toyota saja tapi juga dari (APM) yang lain ," ujar Anton kepada wartawan dalam sesi tanya jawab secara virtual, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Penjualan Toyota Corolla Cross Hybrid Tembus Target

Lebih lanjut Anton mejelaskan dengan ragam pilihan kendaraan hybrid yang masuk ke Indonesia, otomatis akan memberikan pengaruh positif bagi pasar. Paling tidak berpotensi mendorong pasar hybrid atau kendaraan elektrifikasi.

Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjirTAM Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir

Namun lebih dari itu, dengan ragam pilihan kendaraan ramah lingkungan berbasis elektrifikasi, dinilai Anton juga cukup baik untuk mensosialisasikan mengenai teknologi yang ramah lingkungan ke masyarakat.

"Kita rasa ini juga sangat baik untuk mengedukasi konsumen tentang kendaraan hybrid, mengenai benefitnya yang tak hanya irit bahan bakar tapi juga lebih ramah lingkungan, dan buat pemerintah pasti banyak keuntungannya juga," ucap Anton.

Seperti diketahui, meski mengusung konsep hybrid, namun teknologi e-Power yang disuguhkan Nissan melalui Kicks memiliki cara kerja yang berbeda dengan mobil hybrid pada umumnya.

Baca juga: Perdana Geber Nissan Kicks e-Power, Torsinya Instan

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Mesin 1.200 cc tiga silinder yang digunakan, hanya difungsikan sebagai genset guna menghasilkan daya listrik yang disuplai ke baterai. Sementara gerak roda, sepenuhnya langsung dari motor listrik.

Karena itu, Nissan mengklaim bila Kicks e-Power memiliki sensasi berkendara layaknya mobil listrik sesunguhnya. Hal ini lantaran torsi yang dimiliki cukup besar, responsif, serta kabin yang senyap saat dikendarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com