Kompas.com - 10/09/2020, 09:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Status mobil hybrid termurah yang sebelumnya disandang Toyota Corolla Cross, langsung digeser Nissan melalui Kicks e-Power. Mobil yang bermain di segmen SUV compact ini resmi mengaspal di Indonesia dengan banderol Rp 449 juta.

Menanggapi kondisi tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy merasa tak terganggu. Justru dia menjelaskan kedatangan Kicks e-Power akan mengairahkan pasar mobil elektrifikasi, khususnya hybrid.

"Positif sekali, sesuai dengan arahan pemerintah dan juga tren global. Saya rasa memang sudah saat Indonesia memiliki banyak pilihan kendaraan elektrifikasi, tidak hanya dari Toyota saja tapi juga dari (APM) yang lain ," ujar Anton kepada wartawan dalam sesi tanya jawab secara virtual, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Penjualan Toyota Corolla Cross Hybrid Tembus Target

Lebih lanjut Anton mejelaskan dengan ragam pilihan kendaraan hybrid yang masuk ke Indonesia, otomatis akan memberikan pengaruh positif bagi pasar. Paling tidak berpotensi mendorong pasar hybrid atau kendaraan elektrifikasi.

Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjirTAM Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir

Namun lebih dari itu, dengan ragam pilihan kendaraan ramah lingkungan berbasis elektrifikasi, dinilai Anton juga cukup baik untuk mensosialisasikan mengenai teknologi yang ramah lingkungan ke masyarakat.

"Kita rasa ini juga sangat baik untuk mengedukasi konsumen tentang kendaraan hybrid, mengenai benefitnya yang tak hanya irit bahan bakar tapi juga lebih ramah lingkungan, dan buat pemerintah pasti banyak keuntungannya juga," ucap Anton.

Seperti diketahui, meski mengusung konsep hybrid, namun teknologi e-Power yang disuguhkan Nissan melalui Kicks memiliki cara kerja yang berbeda dengan mobil hybrid pada umumnya.

Baca juga: Perdana Geber Nissan Kicks e-Power, Torsinya Instan

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Mesin 1.200 cc tiga silinder yang digunakan, hanya difungsikan sebagai genset guna menghasilkan daya listrik yang disuplai ke baterai. Sementara gerak roda, sepenuhnya langsung dari motor listrik.

Karena itu, Nissan mengklaim bila Kicks e-Power memiliki sensasi berkendara layaknya mobil listrik sesunguhnya. Hal ini lantaran torsi yang dimiliki cukup besar, responsif, serta kabin yang senyap saat dikendarai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.