Kompas.com - 07/09/2020, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, sepeda motor bebek semakin turun pamornya dibandingkan skuter matik (skutik). Meski sedikit, tapi masih ada yang mencari kondisi bekasnya.

Apalagi, untuk orang-orang yang butuh motor untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Sebab, harga jual motor bekas tersebut cukup menarik.

Baca juga: Bebek dengan Karburator Ternyata Lebih Diminati Pembeli Motor Bekas

"Pilihan motor bebek bekas masih banyak yang harganya di bawah Rp 3 jutaan," ujar Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor, di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sepeda motor bebek terbaru Honda dengan sistem injeksi, Donny Apriliananda Sepeda motor bebek terbaru Honda dengan sistem injeksi,

Darwin menambahkan, kalau mau cari yang harganya di bawah Rp 3 jutaan, kebanyakan motornya sudah cukup tua. Selain itu, kebanyakan juga masih menggunakan karburator.

"Tapi, ada juga beberapa yang sudah dibekali dengan teknologi injeksi," kata Darwin.

Baca juga: Jangan Ketipu Akal-akalan Montir, Ini Tips Beli Motor Bekas

Nugroho Dwi Prastiko, pemilik showroom Mokas Nugroho Motor, Kartasura, Jawa Tengah, mengatakan, untuk harga motor jenis bebek di tengah pandemi mengalami penurunan antara 10 persen hingga 16 persen.

"Banyak yang jual daripada yang beli, stok di seluruh showroom sangat banyak. Biasanya saat Lebaran bisa menghabiskan stok, tapi untuk kali ini masih penuh," kata Nugroho.

Penurunan ini salah satunya karena jumlah penjual motor jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang membeli. Sehingga, stok mokas yang ada semakin menumpuk dan harga pun semakin turun.

Berikut 5 motor bebek bekas di bawah Rp 3 jutaan yang didapat dari berbagai sumber:

1. Suzuki Smash 2003 - Rp 1,7 jutaan
2. Suzuki Shogun 125R 2010 - Rp 3 jutaan
3. Honda Revo 2016 - Rp 2,5 jutaan
4. Honda Kharisma X 2004 - Rp 2,3 jutaan
5. Yamaha Vega 2003 - Rp 2,5 jutaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.