Tips Memilih Jenis BBM yang Sesuai untuk Sepeda Motor

Kompas.com - 04/09/2020, 08:12 WIB
Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet KompasOtomotifMengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih jenis bahan bakar minyak (BBM) yang sesuai, tidak hanya penting untuk kendaraan roda empat saja, tetapi juga bagi sepeda motor.

Dengan menggunakan bensin yang nilai oktannya sesuai dengan yang direkomendasikan dari pabrikan, tentunya akan membuat pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

Selain itu, penggunaan bahan bakar yang pas dengan rasio kompresi motor juga bisa menjaga keawetan komponen kendaraan.

Hal ini karena pembakaran yang terjadi di dapur pacu terjadi dengan sempurna otomatis timbunan kerak di ruang bakar juga bisa dicegah.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Begitu pula sebaliknya, jika pemilik kendaraan menggunakan bensin dengan Research Octane Number ( RON) tidak sesuai bisa menimbulkan kerak karbon di jantung pacu.

Atrian Partalite di salah satu SPBU yang ada di Batam. Saat ini Penjualan produk Pertalite meningkat cukup tajam sepanjang tahun 2017.KOMPAS.COM/ HADI MAULANA Atrian Partalite di salah satu SPBU yang ada di Batam. Saat ini Penjualan produk Pertalite meningkat cukup tajam sepanjang tahun 2017.

Untuk memilih jenis bensin yang sesuai Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan, mengatakan, pemilihan jenis bahan bakar yang pas bisa dilihat dari buku pedoman.

Biasanya, pabrikan sudah memberikan rekomendasi mengenai jenis bensin yang cocok untuk kendaraan yang diproduksinya.

Sehingga, pemilik kendaraan tidak perlu susah-susah memilih sendiri jenis bensin yang dianggap cocok untuk kuda besinya.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

"Semua tergantung spesifikasi motor tersebut atau sederhananya bisa dilihat dari perbandingan kompresi motor tersebut," kata Asep kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Asep juga memberikan sedikit saran terkait penggunaan jenis bahan bakar yang cocok dengan kompresi motor.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X