Ini Peran Penting Pedrosa yang Bikin KTM Sukses di MotoGP

Kompas.com - 01/09/2020, 14:21 WIB
|

SPIELBERG, KOMPAS.com - KTM mulai menjadi tim pabrikan yang diperhitungkan pada MotoGP musim 2020 usai memperoleh dua kemenangan di tiga sesi terakhir.

Brad Binder berhasil menduduki podium pertama di MotoGP Ceko sedangkan Miguel Oliviera menjadi yang terbaik pada MotoGP Styria. Tak hanya itu, Pol Espargaro juga sempat naik podium di periode sama.

Bos KTM Tech 3 Herve Poncharal mengungkapkan keberhasilan ini tak lepas dari peran besar Dani Pedrosa yang senantiasa membantu pengembangan motor serta pebalap sebagai pebalap tes.

Baca juga: Taktik KTM agar Bisa Kencang di MotoGP 2020

Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.motogp.com Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.

"Tes yang dijalankan tim benar-benar berkerja, KTM mengontrak salah satu pebalap terbaik yang juga hebat dalam pengembangan, yakni Dani Pedrosa," katanya dikutip laman resmi, Selasa (1/9/2020).

"Kami (KTM) meminta Perdosa mencoba segalanya yang ada di tim untuk kemudian dikembangkan bersama-sama. Saya tidak tahu apa yang dilakukan pebalap tes lain seperti Pirro, Lorenzo, hingga Bradl. Namun di KTM, informasi terbuka," lanjut Poncharal.

Ia juga menilai bahwa Pedrosa sangat aktif dalam melakukan pengetesan motor. Ketika sesuatu hal tidak berkerja dengan baik, pebalap veteran tersebut bakal langsung melaporkannya dan berusaha dengan maksimal untuk dibenahi.

"Perdosa sangat keras kalau ada sesuatu yang tidak beres. Hal ini membuat segalanya jadi lebih baik," kata Poncharal.

Selain Pedrosa, hal lain yang membuat KTM mampu melesat adalah keberanian mengambil risiko. "Terkadang itu bisa jadi batasan, namun kami membuat kemajuan dengannya," ujarnya lagi.

Baca juga: Rahasia Sasis Baja KTM yang Sempat Diragukan di MotoGP

Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.Speedweek.com Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.

Kendati demikian, Direktur KTM Motosport, Pit Breier, tidak ingin sesumbar karena musim ini belum berakhir. Dia tahu tidak bisa hanya mengandalkan sukses di GP Austria dan GP Styria, tetapi dia juga tidak peduli tim lain.

"Kami tidak terlalu banyak melihat ke kiri dan ke kanan," katanya kepada Speedweek.com.

Pit mengatakan, KTM mulai bisa kompetitif karena tim sudah mempersiapkan motor dengan sangat baik musim lalu. Tim menyelesaikan beberapa permasalahan motor dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kami telah menyelesaikan program pengembangan yang sangat intensif yang sekarang membuahkan hasil. Kami tertinggal dan harus mengejar ketinggalan secara teknis di beberapa area," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber MotoGP


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.