Honda Jepang Recall CBR250RR, Indonesia Dipastikan Aman

Kompas.com - 01/09/2020, 17:01 WIB
AHM resmi merilis Honda CBR250RR SP Quick Shifter IstimewaAHM resmi merilis Honda CBR250RR SP Quick Shifter
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Jepang melakukan penarikan terhadap 11.500 unit Honda CBR250RR. Recall dilakukan karena ada masalah pada bak oli mesin untuk unit yang diproduksi Maret 2017-Oktober 2018.

Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), APM motor Honda di Indonesia, mengatakan recall CBR250RR di Jepang tidak berpengaruh untuk unit yang dijual di Indonesia.

Baca juga: Honda Astrea Prima Diubah Jadi Streetcub Futuristis

"Sejauh ini CBR250RR yang dipasarkan di Indonesia tidak mengalami masalah tersebut. Kami belum ada rencana melakukan recall," kata Muhib panggilannya kepada Kompas.com, Senin (31/8/2020).

Honda CBR250RR SP versi modifikasiKompas.com Honda CBR250RR SP versi modifikasi

Muhib mengatakan, unit yang dijual di Jepang bukan produksi Indonesia. Tapi dia tak menyangkal Honda Jepang mengimpor dalam bentuk terurai atau completely knocked down (CKD) dari AHM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ya dalam bentuk CKD bukan CBU," katanya.

Dalam keterangannya, bak oli pada unit yang ditarik punya potensi bocor. Jika bak oli bocor dan motor terus dipakai jalan maka dalam kasus terburuk oli akan rembes ke ban belakang dan menyebabkan jatuh.

Untuk itu di Jepang, pemilik CBR250RR yang diduga bermasalah diminta datang ke diler resmi untuk pengecekan. Jika ditemukan ada masalah pada bak oli maka akan diganti oleh Honda tanpa biaya apapun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.