Sama-sama Bergaya Retro, Pilih Mana Honda Scoopy atau Yamaha Vino?

Kompas.com - 25/08/2020, 16:41 WIB
Honda Scoopy menjadi salah satu skutik terlaris di Indonesia. AHMHonda Scoopy menjadi salah satu skutik terlaris di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ada beberapa pabrikan otomotif sudah menyediakan pilihan motor matik bergaya retro. Meski mengusung gaya retro, fitur yang disajikan tidak kalah modern.

Seperti motor matik Honda Scoopy dan Yamaha Fino yang kental akan unsur retro. Secara tampilan memang nyaris sama, namun keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Simak lebih detailnya.

-Perfoma

Tidak dapat dipungkiri jika Yamaha Fino memang lebih powerful sebab diusung dengan kapasitas mesin 125cc, satu silinder dengan pendingin udara 4-katup, SOHC yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 9.38 Hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 9.6 Nm pada 5.500 rpm.

Sedangkan Honda Scoopy memiliki kapasitas mesin 110cc, yang sanggup semburkan tenaga 8.98 Hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimial 9.4 Nm pada 6.000 rpm.

Baca juga: Tips Berkendara yang Aman Saat Mengalami Gejala Aquaplaning

- Dimensi

Yamaha Fino 2020KOMPAS.com/Gilang Yamaha Fino 2020

Berbicara soal dimensi, Yamaha Fino memiliki bodi yang lebih bongsor yaitu 1870mm X 700 mm X 1066 mm. Sedangkan untuk Honda Scoopy 1.847 mm X 686 mm X 1.061 mm. Kendati demikian, Yamaha Fino memiliki bobot lebih ringan 1 kg dari Honda Scoopy.

Untuk segi kaki-kaki, baik Scoopy maupun Fino memiliki nilai yang imbang, sebab sama-sama menggunakan teleskopik untuk suspensi depannya dan suspensi tunggal di bagian belakang.

Sementara ukuran ban Honda Scoopy lebih besar dibanding Yamaha Fino. Scoopy menggunakan kombinasi 100/90 (depan) dan 110/90 (belakang), sedangkan Fino pakai ukuran ban 80/80 (depan) dan belakang (100/70).

Baca juga: Waspada Aquaplaning, Jangan Ngebut Saat Mobil Melibas Genangan Air

-Fitur

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X