Ganti Sokbreker Belakang Motor, Pilih Tabung Atas atau Bawah?

Kompas.com - 22/08/2020, 12:42 WIB
Hanya akan diproduksi 100 unit. Dilengkapi sokbreker Ohlins. autoevolutionHanya akan diproduksi 100 unit. Dilengkapi sokbreker Ohlins.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sokbreker belakang motor keluaran aftermarket memiliki model yang beragam. Beberapa ada yang dilengkapi dengan tabung, dengan keunggulan yang lebih baik.

Model seperti ini juga terbagi lagi, ada tabung atas dan tabung bawah. Meski berbeda posisi, tapi fungsinya sama-sama untuk menstabilkan redaman.

Baca juga: Ketahui Kelemahan Sokbreker Rekondisi

Rio Tan, Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia), mengatakan, sokbreker tabung atas dengan yang tabung bawah memiliki cara kerja yang berbeda.

Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150Kompas.com/Donny Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150

"Kalau sokbreker tabung atas, olinya dipompa dulu ke atas, baru nanti ikut ke bawah. Kalau tabung bawah, dia sudah langsung melewati as sokbreker," ujar Rio, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Rio, kalau bicara soal kualitas, lebih bagus sokbreker dengan tabung bawah. Sebab, sokbreker model ini lebih baik dalam menstabilkan redaman.

Baca juga: 3 Jurus Jitu Bikin Awet Sokbreker Sepeda Motor

"Tapi, kadang-kadang sistem atau cara kerja dari sokbreker sendiri berbeda-beda tiap merek," kata Rio.

Selain itu, dari segi harga, sokbreker tabung atas dengan tabung bawah juga berbeda. Biasanya, relatif lebih mahal sokbreker dengan tabung bawah dibandingkan dengan yang tabung atas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X