Alasan Kenapa Isi Tabung Sokbreker Harus Pakai Nitrogen

Kompas.com - 22/08/2020, 12:22 WIB
Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150 Kompas.com/DonnySokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150

JAKARTA, KOMPAS.com - Sokbreker belakang pada sepeda motor cukup beragam modelnya. Salah satunya adalah yang dilengkapi dengam tabung.

Umumnya, sokbreker dengan tabung banyak ditawarkan oleh produsen aftermarket. Dengan model yang berbeda dari sokbreker biasa, tentu keunggulannya juga berbeda.

Baca juga: Ketahui Kelemahan Sokbreker Rekondisi

Di dalam tabung tersebut, terdapat piston, nitrogen, dan juga oli. Jadi, piston akan terdorong oli saat sokbreker menerima tekanan. Lalu, tugas nitrogen adalah membuat piston stabil melalui tekanan.

Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150Kompas.com/Donny Sokbreker belakang aftermarket untuk Honda ADV 150

Rio Tan, Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia), mengatakan, nitrogen juga memiliki fungsi lain, yakni mendinginkan oli di dalam sokbreker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi, ketika benda bergesekan, pasti akan menghasilkan panas. Dengan adanya nitrogen, otomatis titik muainya akan melemah," ujar Rio, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 3 Jurus Jitu Bikin Awet Sokbreker Sepeda Motor

Hal senada diungkapkan juga oleh Agung Febrianto, teknisi Ohlins Indonesia. Menurutnya, nitrogen pada sokbreker belakang motor berfungsi untuk mendorong piston dan fitur compression adjuster.

Tabung pada sokbreker belakang ini sebenarnya bisa diisi udara seperti oksigen. Tapi, kualitas redamannya tak sebagus nitrogen.

Perlu diperhatikan tekanan gas pada tabung sokbreker. Semakin tinggi tekanan yang diisi, maka kerja sokbreker akan emakin keras. Sebaliknya, kalau telalu rendah, sokbreker akan menjadi lembut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.