Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segarkan Tampilan Mobil dengan Upgrade Tampang Versi Muda

Kompas.com - 22/08/2020, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Desain mobil sekarang memiliki tampilan yang semakin modern. Namun, peremajaan tampilan yang biasanya periodik tahunan, adalah bersifat minor atau kerap disebut facelift

Ubahan yang sifatnya facelift ini biasanya, fokus pada tampilan wajah atau eksterior mobil, sehingga lebih segar. Mulai dari lampu depan, bemper, sampai tambahan aksesori seperti bodi kit, atau sentuhan LED di beberapa bagian.

Misalnya, seperti pada Toyota Kijang Innova sebelum generasi reborn. Sejak awal diluncurkan pada tahun 2004 sampai facelift terakhir di tahun 2015, ubahan yang dilakukan hanya seputar tampilan, seperti lampu, bumper, spion, dan kap mesin.

Jadi bagi yang memiliki generasi awal Kijang Innova, bisa melakukan modifikasi dengan memasang suku cadang generasi terbaru. Modifikasi ini juga sudah marak dilakukan, misalnya seperti yang dilakukan bengkel aksesoris Spec Rare Item di MGK Kemayoran.

Baca juga: Konsumsi Bensin Xpander Cross Saat Diajak Berpetualang Singkat

Innova Community lakukan kampanye lingkungan sambut hari BumiIC Innova Community lakukan kampanye lingkungan sambut hari Bumi

Pemilik toko Spec Rare Item Muhammad Bobby mengatakan, tidak hanya Kijang Innova, tetapi ada mobil lain yang bisa diperbarui tampilannya maupun ditingkatkan tipenya.

“Misalnya Toyota Kijang Innova yang awal sampai mentoknya ke tahun 2014, terus Nissan Juke juga bisa dibuat jadi yang Revolt. Untuk naik tipe bisa dari Honda Brio Satya jadi yang RS, lalu Toyota Innova Reborn dibuat jadi yang venturer,” ucap Bobby kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mengenal Mobil Khusus Upacara Pejabat Milik TNI

Modifikasi yang dilakukan menggunakan suku cadang yang asli, parts yang digunakan ada yang baru maupun bekas. Harga suku cadangnya pun menyesuaikan, tergantung apakah memakai yang baru maupun bekas.

“Harga upgrade Innova generasi pertama, yaitu Rp 15 juta, barang yang digunakan baru semua, belum termasuk pengecatan. Kalau yang upgrade tipe seperti Brio Satya jadi RS, harganya mulai dari RP 7,5 juta sampai Rp 9,5 juta, tergantung pakai yang baru atau bekas,” ucap Bobby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com