Konsumsi Bensin Xpander Cross Saat Diajak Berpetualang Singkat

Kompas.com - 21/08/2020, 10:22 WIB
Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVELTest Drive Xpander Cross
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Datang dengan status mobil keluarga yang siap diajak berpetualang, Mitsubishi Xpander Cross bukan cuma menawarkan sensasi berkendara baru. Tapi, satu hal yang menjadi penting bagi penghitungan ekonomi keluarga, adalah konsumsi bensin crossover LMPV itu ketika diajak berpetualang singkat ke luar kota.

Selesai menjajal performa, redaksi juga sempat mengajak Xpander Cross keliling dari dalam kota hingga menuju daerah Jatiluhur, Jawa Barat. Layaknya trip singkat, momen ini kami gunakan untuk menghitung konsumsi bensin.

Perhitungan bahan bakar dilakukan berdasarakan data dari Multi Information Display ( MID). Protokolnya seperti biasa, sebelum memulai perjalanan odometer kami atur ulang ke angka nol, termasuk informasi display rata-rata bahan bakar.

Baca juga: Modal Kenyamanan Bertualang ala Xpander Cross

Mulai bergerak dari Kawasan Rawamangun, berkeliling ke daerah Senayan sampai Blok M, lalu masuk ke ruas Tol JORR dari pintu Pondok Indah bersama satu rekan redaksi lainnya.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Kondisi jalan juga bervariasi, meski hari biasa tapi pada beberapa ruas arteri tergolong padat, bahkan tak jarang kami dihadapkan dengan posisi stop n go. Begitu juga saat masuk ke ruas tol JORR, mulai dari kawasan Cilandak sampai Pasar Rebo, kondisinya juga ramai lantaran banyak truk besar yang melintas.

Masuk ke ruas Cikampek via tol layang, kecepatan kami coba konstan pada kisaran 80 kpj sesuai regulasi yang berlaku. Tak sulit untuk mengatur tekanan pedal gas lantaran Mitsubishi sudah melengkapi Xpander Cross dengan fitur cruise control.

Untuk mengaktifkanya juga tidak ribet, cukup menekan tombol yang ada pada gagang kemudi dengan menggunakan ibu jari tangan kanan, lalu set dengan tuas kecil guna mengatur kecepatan yang diinginkan. Setelah itu, kaki bisa bebas melepas pedal gas, tapi jangan terlena karena tetap harus waspada.

Baca juga: Mengenal Alter Ego Mitsubishi Xpander Cross

Setelah turun, gaya berkendara redaksi mulai sedikit agresif untuk melewati beberapa truk besar yang sudah ramai melintas hingga mau memasuki ruas Tol Padalarang. Tak jarang pedal gas kami kickdown untuk menstimulus tenaga agar bisa keluar lebih cepat.

Berlari pada kecepatan 120 kpj masih sanggup diladeni Xpander Cross dengan posisi pendingin kabin yang tetap menyala selama perjalanan, namun soal akselerasi memang tidak instan. Seakan membutuhkan waktu lebih lama agar mobil berlari lebih kencang, deru suara mesin juga mulai terdengan saat pedal gas kami injak lebih dalam.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Poin tersebut cukup wajar mengingat status Xpander Cross sebagai mobil keluarga yang tak menitik beratkan pada sisi keganasan mesin, tapi lebih menekankan untuk urusan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X