Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memulai Petualangan di Kenormalan Baru dengan Xpander Cross

Kompas.com - 18/08/2020, 14:52 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020 menjadi tahun yang amat berat buat Indonesia, dengan adanya pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat hampir semua sektor mengalami penurunan signifikan, termasuk industri otomotif yang harus mengalami perlambatan.

Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya, Jumat (14/8/2020) pekan lalu, mengatakan, pada kuartal pertama ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan, namun anjlok di kuartal kedua akibat Covid-19.

"Di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi negara kita masih plus 2,97 persen, tapi di kuartal kedua kita minus 5,32 persen," ucap Jokowi saat memaparkan terkait kondisi terkini kasus Covid-19 di seluruh dunia.

Baca juga: Mitsubishi Siapkan Xpander Hybrid, Mau di Indonesia?

Data penurunan yang dipaparkan Jokowi tersebut juga mewakili kemerosotan industri otomotif di Indonesia. Aktivitas di pabrik perakitan sempat terhenti, begitu juga aktivitas di diler-diler yang melayani penjualan juga dihentikan sementara, guna mencegah penyebaran virus corona.

Mitsubishi Indonesia yang memiliki fasilitas perakitan kendaraan sampai penjualan, mau tidak mau juga kena imbas dari penurunan tersebut.

Padahal di 2020 ini seharusnya bisa menjadi tahun yang manis buat Mitsubishi, dimana pada tahun sebelumnya baru saja menelurkan Xpander Cross. Model ini disiapkan buat menjadi pilihan anyar konsumen Indonesia yang ingin mencari MPV dengan kemampuan SUV.

Pengujian Xpander Cross pada beragam medan di BaliKompas.com - AFH Pengujian Xpander Cross pada beragam medan di Bali

Strategi baru coba disuarakan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di era kenormalan baru ini untuk bisa mendapatkan kembali ritme penjualan Xpander. Mitsubishi mengkomunikasikan keunggulan dari Xpander dengan tema “Mulai Adventure Baru Senyaman di Rumah”.

Baca juga: Komparasi Data di Atas Kertas Xpander Cross Lawan XL7 [VIDEO]

“Di masa New Normal ini, masih banyak pembatasan kegiatan yang diberlakukan oleh Pemerintah untuk menjaga masyarakat dari penyebaran virus. Di sisi lain, masyarakat pun telah menunggu momen berpetualang bersama keluarga. Xpander hadir dengan keunggulan akan menjadi pilihan yang paling tepat untuk menemani keluarga dalam mempersiapkan Adventure senyaman di rumah,” jelas Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, dalam keterangan resminya.

Kelebihan Xpander Cross

Tampilan Xpander Cross tampil macho dan kental nuansa petualang khas sebuah SUV. Identitas tersebut terlihat pada bemper depan belakang, overfender, lampu depan, side skirt dan roof rail.

Penggunaan pelek Xpander Cross dimensi 17 inci membuat ground clearence Xpander Cross lebih tinggi 2,5 cm dari Xpander biasa, dan siap untuk melibas jalanan dengan kontur aspal yang tidak terlalu baik.

Ground clearence Xpander Cross lebih tinggi 2,5 cm dibanding XpanderKompas.com - AFH Ground clearence Xpander Cross lebih tinggi 2,5 cm dibanding Xpander

Sedangkan di interior Xpander cross memiliki tata letak kabin menyediakan banyak ruang, dan jarak kepala yang lapang untuk semua penumpang. Banyak tempat untuk mengisi daya gadget yang tersedia di baris depan, tengah, hingga belakang.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Produksi Indonesia Dijual di Vietnam

Buat menyimpan botol juga cukup banyak, sehingga cocok untuk keluarga. Sementara desain jok dibuat cukup menarik, apalagi baris kedua yang sandaran tengah bisa dilipat sehingga terkesan seperti captain seat.

Sementara untuk urusan jantung pacu, Xpander Cross menggunakan mesin 4A91, 1.5 liter MIVEC DOHC 16 Valve yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 105 PS dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Dengan ragam keunggulan tersebut, Xpander Cross memberikan kenyamanan untuk pengendara maupun para penumpang, dalam melakukan berbagai petualangan pilihan keluarga dalam adaptasinya di masa pandemi ini.

MMKSI sendiri memberikan promo buat Xpander Cross di Agustus ini. Calon konsumen bisa mendapatkan program pembiayaan bunga rendah 0 persen, sampai dengan tenor 2 tahun. Selain itu ada juga cicilan ringan mulai Rp 3 juta per bulan untuk pembiayaan melalui PT Dipo Star Finance.

Pada Agustus ini, Xpander Cross ditawarkan dengan rincian harga mulai Rp 272,7 juta buat model manual, sedangkan model transmisi matik dilepas dengan harga Rp 282,7 juta. Sementara Xpander Cross Premium Package sebagai model teratas dibanderol Rp 292.700.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com