Ketika Honda Brio Terpapar Virus Drifting

Kompas.com - 21/08/2020, 10:02 WIB
Honda Brio Virtual Modification Bergaya Drifting HPMHonda Brio Virtual Modification Bergaya Drifting
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi adu keren Honda Brio versi virtual 2020, sukses dimenangkan oleh peserta asal Tangerang Selatan, Muhammad Haekal Shafi.

Sesuai konsep, Haekal pun mendandani Brio dengan tema racing. Tapi gaya yang diambil bisa dibilang tidak umum, yakni menyematkan skema mobil drifting pada tubuh mungil Brio.

Hasilnya tak hanya menawan, visual rancang bangung digitalnya pun memberikan nuansa berbeda dari tema-tema racing lainnya yang disuguhkan oleh 788 peserta lainnya.

Baca juga: Ambil Tema Drifting, Ini Jawaran Modifikasi Virtual Honda Brio 2020

Menariknya, proses digital yang dikerjakan selama dua pekan oleh Haekal, hanya berdasarkan referensi dunia maya. Bukan mengambil dari bentuk nyata atau bahkan pengalaman pribadinya.

Honda Brio Virtual Modification Bergaya DriftingHPM Honda Brio Virtual Modification Bergaya Drifting

"Saya buat konsep racing ala mobil drifting untuk Brio V-Mod ini memang karena saat ini lumayan banyak orang suka drift, jadi saya cari-cara referensi sebelum menggambarnya tentang drift dari Google, saya liat-liat dulu drifting itu seperti apa," kata Haekal, Rabu (19/8/2020).

Walau hanya berdasarkan referensi Google, bukan berarti saat proses desainya tak ada kendala. Haekal menggku cukup dibuat kewalahan menerapkan konsep drift pada Brio lantaran ingin benar-benar membuatnya maksimal.

Honda Brio Virtual Modification Bergaya DriftingHPM Honda Brio Virtual Modification Bergaya Drifting

Paling menantang adalah mengikuti regulasi yang ada pada dunia drift. Jadi meski hanya dalam versi virtual, tapi Haekal mencoba membuat desain yang benar-benar sesuai aturan di dunia nyata.

"Contoh soal teknis jarak chember pada roda depan dan penerapan wildtrak roda belakang yang dibuat lebih pendek dari depan, memang jadi tantangan juga," ucap Haekal.

Juara Honda Brio Virtual Modification ke-3HPM Juara Honda Brio Virtual Modification ke-3

"Kesulitan dari detail itu saat mengepaskan body kit-nya, itu depan dan belakang seperti apa memang sulit. Warna saya pilih agar terkesan beda dari, stirping dengan kelir tosca saya pilih agar menarik perhatian," kata dia.

Baca juga: Sensasi Tarikan Mesin Turbo Civic Hatchback RS

Lantaran itu, tak heran bila juri yang menilai pun tekesima dan memilihnya menjadi jawara Honda Brio Virtual Modification ke-3 2020 dengan hadian uang tunai sebesar Rp 15 juta.

Andre Mulyadi, pendiri National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) mengatakan, olah digital yang dibuat Haekal memang cukup baik dan sesuai dengan kriteria penilaian yang ada. Tapi lebih dari itu, faktor lain yang ikut dipertimbangkan adalah soal realisasinya.

Juara Honda Brio Virtual Modification ke-3HPM Juara Honda Brio Virtual Modification ke-3

"Kualitas desain salah satu penilaian, lalu ada faktor yang cukup menentukan lagi yakni dari kemungkinan bila mobil itu akan diaplikasikan ke unit asli. Jadi itu kriteria penilaian, tak hanya dari sisi kualitasnya saja," ucap Andre.

"Dalam tahap itu (realisasi) mempertimbangkan banyak hal, dari aerodinamis, fungsi masing-masing desain, bahkan penilaian detail dari interiornya pada karya Haekal juga disentuh, jadi memang luar biasa sekali," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X