Kompas.com - 20/08/2020, 11:02 WIB
Barang bukti sepeda motor hasil curian di Maporles Aceh Timur, Jumat (7/8/2020) Polres Aceh TimurBarang bukti sepeda motor hasil curian di Maporles Aceh Timur, Jumat (7/8/2020)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencurian sepeda motor termasuk kejahatan yang sering terjadi. Maling mengincar motor karena cukup mudah dicuri dan kemudian dijual, baik dalam bentuk utuh atau peretelan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang mengatakan, meski tidak ada yang pasti, sebetulnya ada beberapa cara untuk mencegah kemalingan motor.

"Pertama parkir di tempat yang aman, lalu usahakan gunakan kunci tambahan (bisa berupa gembok atau rantai di bagian ban)," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Ambil Tema Drifting, Ini Jawaran Modifikasi Virtual Honda Brio 2020

Salah satu pelaku curanmor saat memperagakan cara membobol kunci motor dengan leter YKOMPAS.com/wijaya kusuma Salah satu pelaku curanmor saat memperagakan cara membobol kunci motor dengan leter Y

Di pasar ada berbagai jenis kunci tambahan. Modelnya macam-macam, ada yang ditempatkan di tuas rem, di rem cakram, di sokbreker, dan di kunci kontak. Harganya pun bervariasi termasuk material yang digunakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi Agus mengatakan, kunci pengaman tambahan pada dasarnya hanya berguna untuk mempersulit atau mencegah pelaku melakukan curanmor, tapi tidak menjamin mengagalkan aksi pencurian.

"Selanjutnya selalu menutup slot di bagian kunci motor (kunci magnetik), kemudian hal yang juga suka lupa yaitu selalu cabut kunci motor dan kunci setang," kata Agus.

Baca juga: Mobil untuk Kursus Mengemudi Beda dengan Mobil Biasa

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motorbukalapak Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

Hal lain yang cukup efektif yaitu membeli motor yang sudah mengadopsi keyless atau smart key. Tanpa anak kunci, maling, terutama yang mengandalkan kunci T akan sulit membobol motor.

Selanjutnya, penambahan alarm. Disebut sebagai salah satu tindakan preventif yang cukup efektif. Sebab, penempatannya bisa diletakkan di bagian dalam motor. Sehingga, tidak terlihat oleh para pelaku.

Namun penambahan alarm untuk motor baru tidak disarankan. Sebab, pada umumnya cara pemasangannya harus membuka salah satu kabel. Sehingga, pemasangannya bisa menggugurkan garansi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.