Jangan Sok Akrobat, Pakai Payung saat Naik Motor!

Kompas.com - 20/08/2020, 10:42 WIB
Review aksesori payung motor Otomania/Setyo AdiReview aksesori payung motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan seperti ini, banyak kendaraan bermotor yang memasangkan penutup untuk kendaraannya seperti payung.

Secara tujuan, memang untuk melindungi pengendara dan penumpang dari hujan. Namun jika berbicara dari aspek keselamatan, tentu saja tidak aman.

Apalagi payung merupakan komponen terpisah yang sewaktu-waktu bisa lepas ketika sedang dalam perjalanan. Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Palubuhu, angkat bicara, menurutnya menggunakan payung saat mengemudi motor tidak aman sama sekali.

Baca juga: Musim Hujan, Waspada Pohon Tumbang Saat Berkendara

“Pada saat mengendarai sepeda motor, angin itu sangat berpengaruh. Payung yang dibuka ketika berkendara akan menghambat angin sehingga drag force semakin besar, semakin besar drag force akan membahayakan dan bisa menghilangkan keseimbangan dari sepeda motor itu sendiri.” ujar Jusri kepada Kompas.com di Jakarta.

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

Jusri melanjutkan, hal tersebut tentu sangat berbahaya, bukan hanya bagi pengemudi motor itu sendiri tetapi juga pengemudi lain yang berada disekitar orang tersebut.

Baca juga: Mobil untuk Kursus Mengemudi Beda dengan Mobil Biasa

“Jalan raya adalah ruang publik, ketika kecelakaan tunggal tidak masalah. Tetapi ketika kecelakaan di jalan raya bisa saja melibatkan orang yang tidak berdosa disekitar karena kecerobohan menggunakan payung,” tuturnya.

Entah untuk alasan hujan atau panas, kelakukan seperti itu sangat memperbesar peluang kecelakan. Lanjut Jusri, bahaya tidak akan berkurang walau payung tidak dipegang dan terpasang ke motor dengan alat, justru kondisi ini bisa membuat risiko kecelakaan lebih tinggi.

Untuk keamanan dalam berkendara ketika hujan disarankan menggunakan jas hujan two piece yang fit dengan badan si pengemudi.

“Ketika mengendarai motor sebaiknya menggunakan jas hujan two piece, sehingga tidak akan melambai-lambai. Karena jas hujan one piece yang melambai itu bisa membahayakan jika kainnya bisa masuk ke komponen penggerak,” ucap Jusri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X