KTM Gagal Menang Ternyata karena Insiden Morbidelli-Zarco

Kompas.com - 17/08/2020, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalannya balapan di MotoGP Austria sempat terhenti karena insiden kecelakaan antara Franco Morbidelli dengan Johann Zarco. Meski tak terlibat secara langsung, ternyata insiden ini menyebabkan kekalahan bagi KTM.

Sebelum insiden tersebut terjadi, Pol Espargaro mampu memimpin jalannya balapan. Bahkan, Pol mampu membuat jarak dengan pebalap di belakangnya cukup jauh.

Baca juga: Kecelakaan Horor MotoGP Austria, Balapan Dihentikan Sementara

Sayangnya, performa yang dimiliki RC16 milik Pol berubah drastis setelah insiden kecelakaan terjadi. Pebalap asal Spanyol tersebut tak bisa mengendalikan motor seperti sebelumnya.

Pol Espargaro belum berhasil memberikan kemenangan untuk KTM di MotoGP AustriaKTM Factory Racing Pol Espargaro belum berhasil memberikan kemenangan untuk KTM di MotoGP Austria

"Kenyataan bahwa kami sangat lemah di balapan kedua dibandingkan yang pertama, karena kami tidak lagi memiliki ban belakang medium," ujar Pol, dikutip dari Speedweek.com.

Pol menambahkan, hal tersebut merupakan kesalahan dari semuanya, pebalap, tim, dan KTM. Sebab, tidak ada yang mengantisipasi hal tersebut bakal terjadi.

"Pada balapan pertama, saya sangat kuat bahkan bisa lari dari (Andrea) Dovizioso. Saat balapan kedua, saya harus menggunakan ban belakang soft dan tidak bisa mengerem dengan baik," kata Pol.

Baca juga: Insiden MotoGP Austria, Morbidelli Sebut Zarco Setengah Pembunuh

Akibatnya, Pol sering kali harus melebar saat di tikungan. Sebab, dia tidak bisa mengerem dengan seharusnya. Padahal, di balapan pertama justru salah satu kekuatannya ada di pengereman.

"Untuk tiga lap pertama masih berjalan dengan baik menggunakan ban soft. Tapi setelah itu, ban belakang kerap mengunci," ujar Pol.

Pol Espargaro saat beraksi di MotoGP Austria 2020KTM Pol Espargaro saat beraksi di MotoGP Austria 2020

Dengan Pol yang harus sering melebar saat di tikungan, hal ini juga membuat dirinya bertabrakan dengan Miguel Oliveira. Keduanya terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan.

Akhir pekan ini, Red Bull Ring akan kembali digunakan untuk menggelar MotoGP Styria. Selain Ducati, KTM yang sejatinya adalah tuan rumah juga difavoritkan untuk menjadi pemenang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Speedweek


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.