Sempat Diundur, Balap Ketahanan Suzuka 8 Hours Resmi Batal

Kompas.com - 13/08/2020, 08:42 WIB
Suzuka 8 Hours 2020 dibatalkan Fimewc.comSuzuka 8 Hours 2020 dibatalkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sempat diundur, tapi efek pandemi tetap tak bisa dianggap remeh. Ajang balap ketahanan Suzuka 8 Hours 2020 pun akhirnya resmi batal.

Pembatalan ini karena imbas dari aturan pengetatan larangan masuk warga asing ke Jepang. Kebijakan tersebut membuat tim dan pebalap internasional tidak bisa datang. Bahkan, MotoGP pun harus digelar hanya di Eropa.

Baca juga: Melihat Motor Honda Valentino Rossi di Suzuka [VIDEO]

FIM, Eurosport Events, promotor FIM Endurance World Championsip, dan Mobilityland selaku penyelenggara Suzuka 8 Hours, sepakat untuk meniadakan balapan tahun ini.

Dimas Ekky Pratama saat membalap di Suzuka 8 Hours, Minggu (30/7/2017).Dimas Pradopo Dimas Ekky Pratama saat membalap di Suzuka 8 Hours, Minggu (30/7/2017).

Tahun ini menjadi yang ke-43 kalinya Suzuka 8 Hours digelar. Sebelumnya, ajang balap ini sudah dijadwalkan ulang menjadi pada 1 November mendatang. Tapi karena pandemi, namun kini harus dibatalkan. Ini adalah kali pertama Suzuka 8 Hours dibatalkan semenjak awal penyelenggaraannya pada tahun 1978.

Pemerintah Jepang masih memprioritaskan penanganan pandemi Covid-19. Sehingga mereka sepakat untuk tidak melonggarkan larangan masuk bagi warga asing, termasuk yang memiliki kepentingan bisnis.

Baca juga: Gagal Podium, Rio Haryanto Tetap Jadi Sorotan di Suzuka

Rider dan tim peserta yang berasal dari berbagai negara di dunia adalah bagian yang tak terpisahkan dari Suzuka 8 Hours, balapan penutup FIM Endurance World Championship. Karenanya, Mobilityland memutuskan untuk meniadakan edisi tahun ini.

Jorge Viegas, President International Motorcycling Federation (FIM), mengatakan, pembatalan balapan legendaris Suzuka 8 Hours adalah kabar yang sangat menyedihkan. Tapi, semua harus menerima keputusan pemerintah Jepang yang menomorsatukan kesehatan dan keselamatan warganya.

Pebalap asal Indonesia, Dimas Ekky Pratama, yang tergabung dalam SatuHATI Honda Team Asia saat sesi kualifikasi Suzuka 8 Hours, di Suzuka Circuit, Jumat (28/7/2017).Korano Nicolas LMS/KOMPAS Pebalap asal Indonesia, Dimas Ekky Pratama, yang tergabung dalam SatuHATI Honda Team Asia saat sesi kualifikasi Suzuka 8 Hours, di Suzuka Circuit, Jumat (28/7/2017).

"Jangan khawatir, kami akan kembali tahun depan dengan Suzuka 8 Hours yang paling spektakuler dari yang pernah ada," ujar Viegas, dikutip dari fimewc.com.

Tahun 2019, beberapa pebalap Indonesia juga ikut berkompetisi di ajang ini, seperti M Faerozi Toreqotulloh, Lucky Herdiansyah dan Irfan Ardiansyah untuk Suzuka 4 Hours. Sedangkan di ajang Suzuka 8 Hours, wakil Indonesia yang tampil adalah Andi Farid Izdihar dan Ahmad Yudhistira.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X