Sirion di Malaysia Kena Recall Fuel Pump, Bagaimana Nasib Indonesia?

Kompas.com - 13/08/2020, 08:02 WIB
Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM ADMPeluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah pompa bahan bakar alias fuel pump rupanya terus berlanjut. Setelah Mitsubishi, Honda, dan Toyota, kali ini giliran city car asal Malaysia, yakni Perodua Myvi, yang ikutan melakukan recall karena masalah tersebut.

Seperti diketaui, Myvi sendiri juga dipasarkan di Indonesia oleh Daihatsu dengan nama Sirion. Berdasarkan keterangan yang disitat dari Paultan, dikabarkan beberapa pemilik Sirion mulai dipanggil oleh Peroda terkait masalah fuel pump.

Namun, tak ada embel-embel informasi yang diberikan Perodua terkait recall fuel pump untuk Sirion. Bahkan dalam surat yang diberikan untuk pemilik hanya tertuliskan undangan latihan pemeriksaan kualitas kendaraan.

Baca juga: Ada Masalah Fuel Pump, Toyota Recall Kijang Innova dan Fortuner

Kondisi tersebut ternyata lantaran tak semua Myvi generasi ketiga mengalami masalah fuel pump, hanya model keluaran 2018-2019 saja. Untuk produksi Oktober 2019 dan seterusnya diklaim tidak terdampak.

Perodua MyviPaultan.org Perodua Myvi

Presiden dan CEO Perodua Datuk Zainal Abidin Ahmad mengatakan, Perodua baru-baru ini mulai mengirimkan surat kepada pemilik unit yang terpengaruh.

Untuk unit 2018-2019 yang terlibat hanya muncul setelah jarak tempuh tertentu, dan di bawah ambang batas itu, kemungkinan masalah cukup rendah.

"Karena itu, kami memilih untuk hanya menghubungi pemilik kendaraan yang telah melewati jarak tempuh tertentu, karena kemungkinan masalah terjadi kemudian lebih tinggi," ujar Zainal.

Baca juga: Selain Xpander dan Livina, Mobil Honda Juga Kena Masalah Fuel Pump

Perodua MyviPaultan.org Perodua Myvi

Sayangnya, tak disebutkan berapa jumlah unit Sirion yang terdampak masalah tersebut. Bahkan untuk patokan jarak tempuh yang kemungkinan terlibat masalah fuel pump juga tidak diinformasikan.

Lalu bagaimana dengan nasib Sirion yang ada di Indonesia, mengingat Daihatsu mendatangkannya secara utuh alias CBU dari Malaysia ?

Ketika mengkonfirmasikan hal ini, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), hanya menjelaskan bila kondisi berbeda-beda terkait masalah tersebut.

Daihatsu Sirion KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sirion

" Recall dilakukan untuk mengantisipasi lebih dini masalah berdasarkan laporan di masing-masing tempat, kondisi tiap negara bisa berbeda-beda," ucap wanita yang akrab disapa Amel kepada Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

"Untuk Indonesia, kasus fuel pump Sirion belum dikategorikan sebagai recall, tapi hanya warranty biasa. Kami akan terus memonitor perkembangan pasarnya," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X