2 Cara Mengecek Kondisi Minyak Rem Sepeda Motor

Kompas.com - 12/08/2020, 20:01 WIB
Produk aftermarket master rem dan kopling hidrolik untuk Ninja 250cc. Ghulam/OtomaniaProduk aftermarket master rem dan kopling hidrolik untuk Ninja 250cc.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak rem atau cairan rem punya tugas penting dalam sistem pengereman. Karena itu pengecekan kualitas cairan penting dilakukan agar kondisi rem tetap terjaga.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Dicipta Motora (DAM), mengatakan, ada dua cara untuk memantau kondisi minyak rem yaitu lewat pengecekan kualitas dan kuantitas.

Baca juga: BMW Rancang Sasis Karbon Menyatu dengan Lengan Ayun

"Untuk pengecekan kualitas minyak rem yaitu semakin gelap warnanya, maka mengindikasikan kualitasnya yang sudah semakin berkurang," kata Ade kepada Kompas.com, belum lama ini.

Master rem yang disediakan di toko ARM Motor.Ghulam/Otomania Master rem yang disediakan di toko ARM Motor.

Sedangkan untuk pegecekan kuantitas minyak rem, Ade mengatakan cukup lihat indikator di master rem, jika sudah menyentuh tanda ''lower'' maka sebaiknya ditambah sampai mencapai tanda "upper."

Baca juga: Honda Jazz Terbaru Hadir dengan Atap Sunroof

Ade mengatakan, idealnya cairan rem diganti setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai 24.000 Km, mana yang lebih dulu. Tapi jangan ragu untuk ganti jika kualitasnya mulai berkurang.

"Ganti sil master rem jika sudah terasa ada hal ganjil saat pengereman. Beberapa yang biasanya dikeluhkan yakni tuas rem terasa blong ketika ditekan atau justru sangat keras tapi tidak ngerem," katanya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X