Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Bekas Tangan Ketiga Sulit Dijual?

Kompas.com - 10/08/2020, 12:21 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Peminat mobil bekas diklaim sejumlah pedagang semakin meningkat, seiring dengan dilonggarkannya aktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kendaraan roda empat seken yang banyak dicari tentunya punya harganya ramah di kantong, dengan kisaran di bawah Rp 100 juta.

Dalam memilih mobil pribadi untuk menunjang aktivitas, tentunya banyak hal yang dipertimbangkan oleh calon pembeli sebelum memutuskan untuk membayarnya.

Selain kondisi fisik dan mesin mobil, harga, riwayat pemilik serta catatan perawatan juga menjadi pertimbangan calon konsumen.

Mengenai riwayat kepemilikan, benarkan mobil bekas dari pemilik pertama akan lebih mudah terjual dibandingkan dari kepemilikan kedua atau bahkan ketiga?

Baca juga: Mobil Bekas Harga Rp 60 Jutaan, Ini Pilihannya

Menanggapi hal itu, pemilik showroom mobil bekas XL AHM Autocars di Solo Hadi Cahyono mengatakan, sejarah kepemilikan memang berpengaruh terhadap penjualan mobil bekas.

Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.Ari Purnomo Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.

Akan tetapi, pengaruh riwayat kepemilikan kendaraan roda empat terhadap mudah atau sulitnya mobil terjual tidaklah besar.

“Ya ada pengaruhnya, tetapi juga tidak signifikan. Sekarang juga sulit untuk melacak mobil itu kepemilikan ke berapa, paling yang terlihat kepemilikan pertama dan kedua,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Tetapi, Hadi menambahkan, jika mobil tersebut sudah berganti nama kepemilikan lebih dari dua orang juga akan sulit.

Mengingat, setiap berganti kepemilikan tentunya surat-surat seperti Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) juga akan ikut diganti.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Asal Eropa dan AS Harga Rp 50 Jutaan

“Tidak bisa mengeceknya, itu mobil tangan ke berapa. Paling kalau bisa itu mobil tangan kedua (faktur dan BPKB) berbeda, soalnya kalau balik nama otomatis BPKB juga berganti, jadi susah melacaknya,” ucapnya.

Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).Ari Purnomo Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).

Menurutnya, dibandingkan dengan riwayat kepemilikan, yang lebih berpengaruh terhadap mudah atau sulitnya mobil bekas terjual adalah mobil cabutan.

Misalkan mobil yang dijual di Solo yang lebih menarik minat calon konsumen,yaitu mobil yang memang asli dari Kota Bengawan, ini dibuktikan dengan plat nomornya.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Harga Rp 30 Jutaan, Bisa Dapat BMW Lawas

Sedangkan untuk mobil dari luar Solo atau yang disebut cabutan kurang diminati atau harganya lebih rendah dibandingkan dengan yang asli dari Solo.

“Yang menarik bagi konsumen itu mobilnya AD Solo asli, tangan pertama, pajang panjang, low kilometernya, riwayat perawatan dan tentunya kondisi fisiknya,”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com