Mobil Transmisi Matik Mogok Tak Boleh Didorong, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 10/08/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi mobil mogok SHUTTERSTOCKIlustrasi mobil mogok
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan mobil transmisi otomatis memang semakin diminati masyarakat. Kemudahan dalam pengoperasiannya menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang memilih menggunakannya.

Pengemudi tidak perlu repot-repot menggunakan pedal kopling dan mengatur gigi transmisi saat berkendara.

Hal ini karena semua pengoperasian pada kendaraan roda empat tersebut sudah diatur secara otomatis, sehingga pengemudi tinggal menginjak pedal gas saja.

Apalagi jika pemilik mobil tinggal di daerah dengan tingkat kepadatan lalu lintas tinggi dan sering terjadi kemacetan, maka memilih mobil matik menjadi hal yang dinilai tepat.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Rp 60 Jutaan, Ini Pilihannya

Tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi ketika mengalami mobil matik mogok di perjalanan.

Transmisi Otomatis XpanderStanly/KompasOtomotif Transmisi Otomatis Xpander

Mobil dengan transmisi otomatis ini membutuhkan perlakuan yang berbeda dibandingkan mobil manual yaitu dalam hal penanganannya.

Mobil matik yang mogok sangat tidak disarankan untuk didorong secara sembarangan layaknya mobil manual.

Hal ini karena pada mobil matik terdapat pompa hidrolik yang hanya akan aktif bekerja menyemburkan oli ketika mesin mobil hidup.

Dengan sistem kerja ini maka ketika mobil dalam keadaan mesin mati atau mogok, komponen seperti transmisi juga tidak akan dilumasi oleh oli.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Asal Eropa dan AS Harga Rp 50 Jutaan

Anjar Rosjadi, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, jika memaksa mendorong mobil matik yang mogok bisa menyebabkan kerusakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X