Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2020, 19:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membonceng anak kecil menggunakan sepeda motor sebetulnya tidak disarankan. Tapi kalau terpaksa maka orang tua harus tahu cara yang bisa memperkecil risiko keselamatan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, hal pertama yang harus diingat ialah jangan membonceng anak ditaruh di depan, tapi sang anak sebaiknya ditaruh di belakang.

Baca juga: Sambut Hari Kemerdekaan, Beli Peralite dan Pertamax Cashback 30 Persen

Pemudik bersepeda motor melintasi Jalur Pantura Indramayu - Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/6/2017). Pada H-2 Lebaran, jalur Pantura dipadati kendaraan pemudik khususnya kendaraan roda dua.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemudik bersepeda motor melintasi Jalur Pantura Indramayu - Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/6/2017). Pada H-2 Lebaran, jalur Pantura dipadati kendaraan pemudik khususnya kendaraan roda dua.

“Usahakan posisi anak ada di belakang pengendara. Sebab kita melawan arah angin. Sehingga jika ada batu kecil atau binatang dan debu, anak menjadi terlindungi," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jangan sebaliknya, pengendara malah berlindung di belakang anaknya. Sebab kondisi badan anak masih rentan, belum lagi jika terjadi hal tidak diinginkan seperti kecelakaan, risiko sang anak sangat besar.

"Jika anak belum bisa berpegangan dengan kuat, bisa gunakan alat pengikat tambahan agar tidak terjatuh. Bahan pengikatnya bisa dari kain yang nyaman. Jangan pakai tali, karena malah membuat tidak nyaman,” kata Agus.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Asal Eropa dan AS Harga Rp 50 Jutaan

Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)Otomania Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)

Saat ini sudah banyak tali pengikat yang posisi anaknya di depan pengendara. Biasanya ini dipakai untuk balita yang belum bisa berpegangan. Tapi dari sisi safety riding Agus mengatakan sebaiknya tidak dilakukan.

"Minimal naik kendaraan umum. Karena balita belum bisa pakai helm. Selain itu, belum ada juga helm untuk anak kecil yang sesuai standar keamanan dan keselamatan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com