Cara Sederhana Atasi Mesin Overheat

Kompas.com - 07/08/2020, 19:23 WIB
Ilustrasi mesin mobil overheat SHUTTERSTOCKIlustrasi mesin mobil overheat

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini kasus mobil terbakar kembali terjadi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. Perlu diketahui, yang bisa menjadi salah satu penyebab mobil terbakar adalah mesin yang overheat.

Kejadian mesin mobil overheat bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, pengemudi harus mengenali tanda-tanda mesin mengalami overheat.

Namun jangan khawatir, pemilik bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur, Imam Choiri alias Apre, mengatakan, siapa saja bisa mengatasi masalah mobil overheat dengan cara berikut.

Paling awal, segera tepikan mobil jika temperatur mesin mulai naik dengan drastis. Setelah berhenti di tempat yang aman, matikan mesin untuk menghindari kerusakan lebih parah.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan dan Merawat Pelek Mobil

Ilustrasi reservoir air radiatorautoguru.com.au Ilustrasi reservoir air radiator

“Sebab, sering kali overheat dapat menyebabkan komponen internal pada mesin jebol. Hal ini terjadi karena piston, atau klep mengalami pemuaian,” ujar Apre saat dihubungi Kompas.com.

Saat komponen-komponen ini memuai, otomatis akan terjadi perubahan bentuk. Komponen internal mesin pun akan saling mendorong, dan akan mengganggu kinerja komponen lainnya.

“Selanjutnya, cek bagian radiator di ruang mesin, tapi harus hati-hati. Sebab kondisi kap mesin pasti panas sekali,” kata Apre.

Baca juga: Jangan Parkir Mobil Dalam Kondisi Masuk Gigi

“Selain itu tutup radiator jangan langsung dibuka, tungggu sekitar 30 menit, hingga tekanan air menurun,” ucap Apre.

Kalau volume air radiator kurang, silahkan isi sampai level maksimum. Jika sudah penuh, nyalakan mesin saat kondisinya mulai dingin. Segera bawa ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan lebih detail.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X