Laju Ban Terasa Bergelombang, Coba Cek Suspensi Kendaraan

Kompas.com - 07/08/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi kerap bingung saat mengetahui ban mobil mereka aus tidak merata. Pemeriksaan berkala, spooring, dan balancing padahal sudah dilakukan, tapi ban ternyata tetap aus dan bergelombang. Lantas, apa penyebabnya?

Ban yang aus tidak merata itu bisa jadi akibat peredam kejut yang sudah rusak, karena itu salah satu tanda-tandanya,” ujar Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/8/2020).

Sebenarnya pengemudi dapat merasakan adanya kerusakan dengan berkurangnya kenyamanan membawa kendaraan. Peredam yang bocor membuat kendaraan terasa limbung.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan dan Merawat Pelek Mobil

Air Suspension lansiran Revolt yang digunakan Suzuki Ertiga tipe GL tahun 2016.GridOto.com Air Suspension lansiran Revolt yang digunakan Suzuki Ertiga tipe GL tahun 2016.

Pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui kerusakan adalah dengan memeriksa fisik peredam. Apabila didapati terdapat rembesan oli maka sudah pasti peredam mengalami kerusakan.

Namun bila pengemudi tidak memperhatikan keadaan peredamnya, bisa jadi oli dalam peredam kerap sudah berkurang.

Baca juga: Jangan Parkir Mobil Dalam Kondisi Masuk Gigi

Anjar menyarankan agar pengemudi segera mengganti peredam yang rusak dengan yang baru. Tidak disarankan membawa ke bengkel shockbreaker yang tidak berpengalaman. Biasanya hanya mengganti klep dan minyak peredamnya tidak diukur secara benar.

“Murah memang dengan memperbaiki, namun tidak menjamin tahan lama. Beli peredam baru untuk mobil sekelas baru untuk mobil sekelas MPV sekitar Rp 800.000 dan city car sekitar Rp 1 juta. Itu sudah dapat untuk kiri dan kanan. Jelas lebih nyaman dan aman,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X