Polisi Mengklaim Mampu Atasi Kepadatan Arus Balik Idul Adha 1441 H

Kompas.com - 05/08/2020, 09:22 WIB
Kondisi kendaraan lalu lintas yang keluar dari Jakarta menuju salah satu gerbang tol dalam pelaksanaan mudik Idul Adha, Kamis (30/7/2020). Dokumentasi Humas Jasa MargaKondisi kendaraan lalu lintas yang keluar dari Jakarta menuju salah satu gerbang tol dalam pelaksanaan mudik Idul Adha, Kamis (30/7/2020).

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyebutkan bahwa arus lalu lintas pada Kamis (30/7/2020) menjadi puncak arus mudik Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Menurut laman NTMC Polri, jumlah kendaraan yang menuju ke arah Bandung meningkat sebanyak 97 persen dari kondisi normal.

Sementara kendaraan yang melewati Tol Cipali dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah ataupun Jawa Timur juga naik hingga 137 persen.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 70 Jutaan, Pilihannya Mulai Avanza Hingga Mercy Lawas

 

Kepolisian lakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi saat arus mudik Iduladha 1441 H.NTMC Polri Kepolisian lakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi saat arus mudik Iduladha 1441 H.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pada arus mudik menjelang Idul Adha terjadi lonjakan volume kendaraan.

Secara umum, saat arus balik pada Minggu (2/8/2020), tidak terjadi kemacetan berarti. Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat, sampai dengan Senin (3/8/2020) subuh, arus lalu lintas tidak terjadi penumpukan berarti.

Sambodo juga mengatakan, hal ini bisa terjadi lantaran kepolisian telah melakukan langkah antisipasi kepadatan arus balik.

Baca juga: Simak Pilihan 10 Mobil Bekas Harga Rp 100 Jutaan

 

Contraflow Puncak Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang, Minggu (2/8/2020).Jasa Marga Contraflow Puncak Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang, Minggu (2/8/2020).

“Salah satunya dengan contra flow dan one way,” ucap Sambodo, seperti dikutip NTMC Polri, Selasa (4/8/2020).

Salah satu indikasi lancarnya arus balik libur Idul Adha 1441 H, terlihat di Gerbang Tol Halim yang terpantau tidak ada antrean kendaraan.

Sambodo menambahkan, keberhasilan dalam mengatasi kemacetan saat libur Idul Adha 1441 H kemarin dibantu beberapa pihak yang melakukan rekayasa lalu lintas, seperti Korlantas Polri, Ditlantas Polda Jawa Tengah, Ditlantas Polda Jawa Barat, dan Polda Metro Jaya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X