Rossi Optimistis dengan Ubahan Radikal pada Motornya

Kompas.com - 04/08/2020, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi tampil kompetitif pada seri kedua MotoGP 2020. Disebutkan bahwa dirinya melakukan ubahan yang cukup radikal pada M1 yang membuatnya tampil lebih percaya diri di atas motor.

Beberapa tahun lalu, M1 mengalami masalah degradasi ban belakang. Performa ban menjadi cepat menurun. Sehingga, Yamaha melakukan ubahan pada akhir 208 dan awal 2019.

Baca juga: Bos Yamaha Percaya Rossi Masih Bisa Juara Dunia Musim Ini

Namun, pebalap Italia tersebut mengaku tidak bisa mengendarai M1 seperti keinginannya. Sulit bagi Rossi untuk membuat motornya tersebut lebih kompetitif. Setelah kesalahan teknis terjadi pada seri pertama, Rossi langsung meminta ubahan yang radikal pada motornya.

Rossi mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020Yamahamotogp Rossi mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020

Rossi tidak memberikan secara detail di bagian apa saja ubahannya. Tapi, terlihat di bagian poros swingarm terdapat bagian yang direvisi.

"Bukan hanya porosnya, tapi kami punya beberapa perbedaan lainnya. Gaya lain dari motor ini," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net.

Ubahan tersebut terbukti berhasil pada seri kedua di MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Spanyol, dua pekan lalu. Pebalap yang dijuluki The Doctor tersebut bisa lebih kuat di pengereman dan saat masuk tikungan.

Baca juga: Bos Tim Yamaha Jelaskan Soal Kontrak Rossi yang Tak Kunjung Rampung

Tapi, bisa saja ubahan tersebut tidak berlaku di seri ketiga di MotoGP Brno, Rep. Ceko, yang memiliki karakter yang berbeda dengan Jerez. Meski demikian, Rossi tetap optimistis.

"Jerez adalah trek yang saya suka, tapi setelah kemenangan di 2016, saya selalu menderita. Saya selalu mengalami balapan yang buruk," kata Rossi.

Rossi menambahkan, mendapatkan podium dengan balapan yang bagus dengan temperatur trek mencapai 60 derajat, itu berarti dirinya sudah berada di jalan yang benar dan bisa kompetitif juga di Brno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.