Mobil Susah Starter Mesin pada Pagi Hari, Coba Cek Komponen Ini!

Kompas.com - 04/08/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi individu yang memiliki mobilitas tinggi, memiliki kendaraan pribadi merupakan pilihan yang ideal. Meski demikian, pemilik mobil harus rutin melakukan perawatan pada kendaraan agar tidak mengalami masalah.

Sebab, kendaraan yang minim perawatan sewaktu-waktu bisa timbul masalah tanpa bisa diprediksi. Salah satunya adalah mesin mobil yang sulit dihidupkan (starter mesin) saat pagi hari.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan, masalah mobil susah hidup di pagi hari umumnya terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator.

“Namun, tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Karena hal tesebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya masalah pada aki, busi, hingga pompa bensin yang lemah,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Masalah Sering Terjadi pada Ban Belakang Ganda Bagian Dalam

Jika menghadapi kondisi mobil susah starter mesin pada pagi hari, coba cek komponen berikut ini:

1. Aki
Mobil yang sulit distarter pada pagi hari bisa disebabkan oleh motor starter yang sudah lemah. Saat di start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan yang disebabkan oleh teganggan baterai.

“Biasanya aki atau baterai yang sudah lemah bisa mengalami kondisi ini. Jika memang itu penyebabnya pemilik mobil bisa coba menghidupkan mesin dengan cara mendorongnya,” ucap Bambang.

2. Busi

Ilustrasi memasang busi mobilhttps://www.2carpros.com/ Ilustrasi memasang busi mobil

Busi yang kotor atau memiliki celah terlalu besar atau terlalu rapat juga bisa menjadi penyebab mesin mobil sulit di starter.

“Busi yang kotor dapat menghambat percikan bunga api yang dibutuhkan agar starter dapat bekerja,” kata Bambang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.