Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Susah Starter Mesin pada Pagi Hari, Coba Cek Komponen Ini!

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi individu yang memiliki mobilitas tinggi, memiliki kendaraan pribadi merupakan pilihan yang ideal. Meski demikian, pemilik mobil harus rutin melakukan perawatan pada kendaraan agar tidak mengalami masalah.

Sebab, kendaraan yang minim perawatan sewaktu-waktu bisa timbul masalah tanpa bisa diprediksi. Salah satunya adalah mesin mobil yang sulit dihidupkan (starter mesin) saat pagi hari.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan, masalah mobil susah hidup di pagi hari umumnya terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator.

“Namun, tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mesin diesel maupun mesin bensin injeksi. Karena hal tesebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya masalah pada aki, busi, hingga pompa bensin yang lemah,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com.

Jika menghadapi kondisi mobil susah starter mesin pada pagi hari, coba cek komponen berikut ini:

1. Aki
Mobil yang sulit distarter pada pagi hari bisa disebabkan oleh motor starter yang sudah lemah. Saat di start, motor starter tidak mau berputar atau hanya berputar pelan yang disebabkan oleh teganggan baterai.

“Biasanya aki atau baterai yang sudah lemah bisa mengalami kondisi ini. Jika memang itu penyebabnya pemilik mobil bisa coba menghidupkan mesin dengan cara mendorongnya,” ucap Bambang.

2. Busi

Busi yang kotor atau memiliki celah terlalu besar atau terlalu rapat juga bisa menjadi penyebab mesin mobil sulit di starter.

“Busi yang kotor dapat menghambat percikan bunga api yang dibutuhkan agar starter dapat bekerja,” kata Bambang.

Ketika mobil tidak bisa distarter, sebaiknya pemilik mobil mengecek keadaan busi yang ada dalam ruang mesin.

“Bila kotor, segera bersihkan dengan cara digosok atau menggunakan pembersih. Namun, jika sudah usang atau rusak lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru agar tidak menghambat kinerja mobil,” lanjut Bambang.

3. Dinamo ampere (Altenator)
Dinamo ampere dan dinamo starter yang rusak juga bisa menjadi salah satu alasan mobil sulit distarter.

Menurut Bambang, Dinamo ampere yang rusak akan berakibat fatal pada aliran listrik. Efeknya baterai tidak akan bisa terisi arus meskipun aki dalam kondisi baik.

“Namun, umumnya kerusakan ini dialami oleh mobil-mobil yang usia pemakaiannya sudah lebih dari delapan tahun,” tuturnya.

4. Pompa bensin melemah

Pompa bensin yang dingin membuat aliran bahan bakar dari tangki ke karburator atau sistem injeksi jadi tidak sempurna. Kondisi pompa bensin yang bermasalah bisa dilihat dari informasi panel meter yang terdapat pada dasbor.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/04/102200115/mobil-susah-starter-mesin-pada-pagi-hari-coba-cek-komponen-ini-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke