Kompas.com - 03/08/2020, 10:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki perjalanan yang cukup panjang, bus antar kota antar provinsi (AKAP) harus memiliki kursi yang nyaman. Salah satu penunjang kenyamanan di kursi bus khusus untuk kaki penumpang, ada dua fitur, yaitu leg rest dan foot rest.

Kursi yang memiliki sandaran kaki biasa ditemui pada kelas VIP atau bisnis sampai eksekutif. Posisi leg rest dan foot rest berada di bawah kursi. Leg rest biasanya menyatu dengan kursi, sedangkan foot rest ada di lantai atau di bagian belakang kursi.

Fungsi dari dua fitur ini adalah sebagai penopang kaki. Jadi ketika perjalanan jauh, kaki ditopang dengan baik sehingga tidak mudah pegal.

Baca juga: Ini Kendaraan yang Kebal Aturan Ganjil Genap

Leg rest dan foot restdiana-transportasi Leg rest dan foot rest

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, legrest bisa diatur tingkat sudutnya, sehingga penumpang memiliki posisi duduk yang nyaman sesuai keinginannya.

“Untuk posisi tuas yang mengatur naik turun, ada di balik legrest itu sendiri, bisa di kanan atau kiri,” kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (2/8/2020).

Baca juga: Honda Kembangkan Motor V4 Baru buat Kalahkan RC213V-S

Kemudian untuk model leg rest, ada banyak macamnya, tergantung dari model kursinya. Ada yang sekadar menopang kaki, lebar dan empuk maupun kursi dengan pengaturan elektris, bahkan ada perusahaan otobus (PO) yang memiliki leg rest ganda.

“Ada leg rest spesial milik PO Mulyo Indah, memiliki model ganda. PO ini memakai kursi buatan Rimba Kencana tipe lama dan sudah discontinue, jadi sudah tidak dibuat lagi,” ucap Dimas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.