Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Fitur Penunjang Kenyamanan Kaki pada Bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki perjalanan yang cukup panjang, bus antar kota antar provinsi (AKAP) harus memiliki kursi yang nyaman. Salah satu penunjang kenyamanan di kursi bus khusus untuk kaki penumpang, ada dua fitur, yaitu leg rest dan foot rest.

Kursi yang memiliki sandaran kaki biasa ditemui pada kelas VIP atau bisnis sampai eksekutif. Posisi leg rest dan foot rest berada di bawah kursi. Leg rest biasanya menyatu dengan kursi, sedangkan foot rest ada di lantai atau di bagian belakang kursi.

Fungsi dari dua fitur ini adalah sebagai penopang kaki. Jadi ketika perjalanan jauh, kaki ditopang dengan baik sehingga tidak mudah pegal.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, legrest bisa diatur tingkat sudutnya, sehingga penumpang memiliki posisi duduk yang nyaman sesuai keinginannya.

“Untuk posisi tuas yang mengatur naik turun, ada di balik legrest itu sendiri, bisa di kanan atau kiri,” kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (2/8/2020).

Kemudian untuk model leg rest, ada banyak macamnya, tergantung dari model kursinya. Ada yang sekadar menopang kaki, lebar dan empuk maupun kursi dengan pengaturan elektris, bahkan ada perusahaan otobus (PO) yang memiliki leg rest ganda.

“Ada leg rest spesial milik PO Mulyo Indah, memiliki model ganda. PO ini memakai kursi buatan Rimba Kencana tipe lama dan sudah discontinue, jadi sudah tidak dibuat lagi,” ucap Dimas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/03/102300815/mengenal-fitur-penunjang-kenyamanan-kaki-pada-bus-akap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke