Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Sedang Kaji Bus dengan Konfigurasi Kursi 1-1-1

Kompas.com - 23/07/2020, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Semenjak awal Juli, kapasitas penumpang pada bus sudah dilonggarkan. Awalnya yang hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas, sekarang boleh sampai 70 persen dari jumlah kursi di kabin.

Pembatasan penumpang ini dilakukan agar adanya jarak atau menerapkan physical distancing setiap orang yang ada di kabin. Sehingga bisa mengurangi penyebaran virus Covid-19 saat naik kendaraan umum.

Kemudian, masih di bulan Juli, tiga karoseri di Indonesia, yaitu Laksana, Tentrem, dan Adi Putro membuat konsep kabin social distancing. Ubahan yang ada di kabin yaitu konfigurasi kursi yang menjadi 1-1-1.

Baca juga: Begini Posisi Gigi Mobil Transmisi Matik Saat di Jalan Menanjak

Interior bus social distancinginstagram/karoseritentrem Interior bus social distancing

Memiliki konfigurasi kursi di sisi kanan, tengah dan kiri ini membuat jarak antar penumpang semakin besar, mengikuti protokol social distancing.

Kemudian dari jumlah kapasitas kursinya juga berkurang, semula bisa muat sampai 40 bangku, sekarang sekitar 20 sampai 30 bangku saja.

Sudah menerapkan jaga jarak di kabin, kemudian jumlah kursinya juga sedikit, apakah bisa bus dengan konsep social distancing ini diisi kapasitas penuh?

Dirjen Perhubungan Darat Kemeterian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, untuk model bus dengan kabin jaga jarak, masih dikaji terkait berapa kapasitas penumpang yang diperbolehkan.

Baca juga: Marc Marquez Absen di GP Andalusia, Honda Fokus ke Alex Marquez

“Untuk bus dengan konfigurasi kursi 1-1-1, sedang dikaji dulu bersama dengan KNKT,” kata Budi kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Budi menjelaskan, bukan hanya persoalan physical distancing pada kabin, tetapi harus juga memenuhi standar keselamatannya. Jadi untuk kapasitas bus social distancing, masih didiskusikan secara internal dari Kemenhub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com