Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kembangkan Motor V4 Baru buat Kalahkan RC213V-S

Kompas.com - 02/08/2020, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Honda sedang mengembangkan mesin V4 baru yang akan dipakai di Honda RVF1000R. Mesin ini akan jadi kelanjutan Honda bertarung di kelas superbike yang mengutamakan kecepatan.

Young Machine mengatakan, spekulasi soal mesin baru itu akan hadir di RVF1000R karena model ''RVF'' sebetulnya sudah disuntik mati pada 1995. Tapi kemudian diketahui Honda mulai mendaftarkan lagi pada 2014.

RVF1000R awalnya disebut bakal rilis pada 2018 tapi tertunda. Tapi jika menyangkut rumor, maka majalah Jepang tersebut punya reputasi. Banyak yang terbukti, salah satunya ialah Kawasaki ZX-25R.

Baca juga: Seperti Mobil, Bus Juga Ada yang Melakukan Facelift

KompasOtomotif saat mencoba impresi awal mengendarai Honda RC213V-S, di Sirkuit Sentul, Bogor, (22/7/2016).Istimewa KompasOtomotif saat mencoba impresi awal mengendarai Honda RC213V-S, di Sirkuit Sentul, Bogor, (22/7/2016).

Mesin V4 baru di RVF1000R itu bakal mengalahkan RC213V-S dan CBR1000RR-R. Sebab mesin V4 adalah simbol buat Honda agar tetap diperhitungkan sebagai pabrikan yang bisa membuat motor kencang.

Pembembangannya didaulat untuk mengalahkan Ducati Panigale V4R yang bertenaga 221 ps di WorldSBK. Tantangannya ialah jika benar RVF1000R meluncur maka harganya harus seminim mungkin.

Gelagat Honda serius mengembangkan mesin V4 dapat dilihat dari peluncuran Honda RC213V-S 2015 lalu. Saat itu motor ini sangat fenomenal sebab merupakan motor replika MotoGP berspesifikasi jalan raya.

Baca juga: IMI Bahas Dukungan Dunia Custom dari Pemerintah

Young Machine Foto: Young Machine Young Machine

Tapi selang lima tahun tentu sudah banyak perubahan. Honda kemudian meluncurkan CBR1000RR-R. Meski bukan spek MotoGP tapi mesinnya mengalami pengembangan yang signifikan.

RC213V-S memiliki tenaga 215 ps dengan tambahan kit racing. Saat meluncur memang paling tinggi di keluarga Honda, tapi setelah ada CBR1000RR-R jadi kalah. Sebab tenaga CBR baru hampir 218 ps.

Selain tenaga, kontrol elektronik CBR1000RR-R juga lebih baru. Bodinya mengikuti tren dan lebih aerodinamis dengan sayap. Selain itu Honda juga memperbaiki emisi gas buang yang semakin ketat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com