Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Mengakali Rest Area Tol yang Penuh saat Libur Idul Adha

Kompas.com - 01/08/2020, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Libur akhir pekan yang bertepatan dengan hari raya Idul Adha 1441 H, dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk mengunjungi sanak famili ataupun berlibur ke kampung halaman.

Imbasnya volume kendaraan yang melintas di jalan tol meningkat. Bahkan sejumlah rest area atau tempat istirahat penuh.

Pengemudi pun diminta mencari lokasi rest area yang lain, lantaran kapasitas tempat yang terbatas. Apalagi beberapa tempat juga menerapkan protokol kesehatan dengan social distancing dalam rangka pencegahan Covid-19.

Baca juga: Resmi, Pekan Depan Ganjil Genap Jakarta Kembali Berlaku

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Padahal di lain sisi, pengendara sudah telanjur lelah dan mengantuk. Mereka butuh tempat istirahat untuk memulihkan tenaganya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI), mengatakan, lokasi rest area kerap penuh pada masa libur akhir pekan atau momentum mudik Idul Adha seperti sekarang.

Oleh karena itu, pengemudi harus mengatur jam istirahat agar potensi-potensi masalah seperti dalam contoh kasus ini bisa diantisipasi.

Baca juga: Tambal Ban Tubeless yang Sempurna, Pakai Model Tip Top

PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku pengelola rest area jalan tol memasang rambu pembatas jarak.Dok. PT Jasamarga Related Business PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku pengelola rest area jalan tol memasang rambu pembatas jarak.

“Pengemudi bisa mengatur jadwal perjalanan, pilih jam yang tidak berpotensi penumpukan di rest area. Biasanya sore ke malam hari selalu penuh,” ucap Sony, kepada Kompas.com (31/7/2020).

Selain itu, pengendara juga bisa melakukan persiapan dengan membawa bekal makanan dan minuman yang cukup sebagai pendukung dalam perjalanan.

“Apabila hal-hal tersebut tidak maksimal dilakukan, terpaksa menghadapi masalah penuhnya rest area,” ujar Sony.

Baca juga: Harga Beda Tipis, Pilih Suzuki GSX-S150 atau Bandit?

Suasana kondisi di Gerbang Tol Pasteur 1 pada masa PSBB transisi dan era normal baru, Jumat (3/7/2020).Dokumentasi Humas Jasa Marga Suasana kondisi di Gerbang Tol Pasteur 1 pada masa PSBB transisi dan era normal baru, Jumat (3/7/2020).

Menurutnya, kalau sudah begini sebaiknya pengemudi mencari tempat istirahat di luar jalan tol. Cara ini disebutnya bisa mengurangi efek penuhnya rest area di jalan tol pada masa liburan.

“Arahkan mobil keluar jalan tol ke pintu keluar terdekat. Pasti di sekitarnya ada tempat-tempat seperti warung, mini market dan lain-lain yang bisa memfasilitasi kebutuhan istirahat pengemudi dan penumpang.. Pastikan tempatnya terang dan area parkir aman berpenjaga,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com