4 Trik Sederhana Perkecil Kemungkinan Motor Dicuri Saat Parkir

Kompas.com - 26/07/2020, 08:42 WIB
Dua pelaku pencurian sepeda motor terekam kamera CCTV saat beraksi di Masjid Al-Ikhlas Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (3/10/2019) InstagramDua pelaku pencurian sepeda motor terekam kamera CCTV saat beraksi di Masjid Al-Ikhlas Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (3/10/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencurian kendaraan bermotor alias curanmor saat ini marak terjadi di berbagai daerah, terutama di Ibukota.

Memasang perangkat pengaman tambahan cukup banyak dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Tujuannya tentu saja mencegah kendaraan tersebut dicuri.

Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan motor dicuri. Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, memberikan beberapa tips kepada Kompas.com:

Baca juga: Marc Marquez Absen Balapan di MotoGP Andalusia, Fokus ke Brno

1. Kunci setang ke kanan

Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian. Sebab dianggap bisa menyulitkan maling untuk beraksi.

Pengecualian untuk motor sport, posisi setang motor ke kanan membuatnya menjadi sedikit menutup lubang kunci. Sehingga cukup menyulitkan untuk memasukan kunci T.

Menurut Ribut, posisi setang ke kanan akan membuat maling menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk membobol kunci motor. Berbeda halnya jika posisi setang dikunci ke kiri.

“Posisi tersebut (setang ke kiri), lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Sehingga waktu untuk membobol lubang kunci relatif lebih cepat,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

2. Cabut Capacitor Discharge Ignition (CDI)

Seorang teknisi bengkel AHASS mempraktekkan cara mencopot CDI. Copot CDI merupakan salah satu cara mencegah motor dicuri.Kompas.com/Alsadad Rudi Seorang teknisi bengkel AHASS mempraktekkan cara mencopot CDI. Copot CDI merupakan salah satu cara mencegah motor dicuri.

CDI merupakan kepanjangan dari capacitor discharge ignition. Ini adalah alat yang berfungsi untuk menjalankan proses pengapian pada motor dengan sistem karburator.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X