Cerita Marquez Setelah Operasi Hingga Batal Balapan di GP Andalusia

Kompas.com - 26/07/2020, 07:42 WIB
Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020 HRCMarc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez mengalami kecelakaan parah hingga cedera. Lengan atas pebalap Spanyol tersebut patah. Meski demikian, Marquez tetap mencoba untuk balapan.

Insiden tersebut terjadi saat balapan pekan lalu di GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). Saat cedera, Marquez langsung dibawa ke Barcelona untuk menjalani operasi pada Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Marc Marquez Absen Balapan di MotoGP Andalusia, Fokus ke Brno

"Saya mencoba mengikuti insting, memahami tubuh, dan yang terpenting, jujur," kata Marquez, dikutip dari Speedweek.com.

Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020HRC Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

Marquez menyebutkan, sehari sebelum operasi, dirinya tidak bisa mengendarai motor. Tapi, sehari setelah operasi, Marquez bahkan bisa melakukan push-up, memakai baju balap, dan duduk di atas motor.

"Jadi, saya mengatakan pada diri sendiri, 'Oke, ini memungkinkan'. Itulah mengapa saya mulai bicara pada Honda dan tim saya. Mereka memiliki posisi yang berbeda, tentu saja mereka ingin melindungi saya," ujar Marquez.

Marquez dan Honda akhirnya menemukan jalan tengah. Pebalap dengan nomor start 93 tersebut akan mencoba pada hari Sabtu, dan harus jujur pada seluruh tim.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Andalusia, Quartararo Terdepan, Marquez Batal Balap

Tes medis yang dilakukan pihak MotoGP pada Marquez juga tak mudah. Namun, dia berhasil melaluinya hingga mendapatkan izin untuk balapan.

Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).Dok. Twitter MotoGP Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

"Saya cukup kuat, otot bekerja dengan baik, jadi saya mencobanya. Pagi hari, saya merasa baik, saya bisa mencatat waktu 1 menit 37,7 detik dengan ban bekas. Catatan waktu itu kurang lebih sama seperti minggu lalu. Begitu pula pada siang hari," kata Marquez.

Pebalap Repsol Honda tersebut menambahkan, saat kembali ke trek dirinya merasakan ada yang berbeda. Bagian tangan di area cedera mengalami sedikit pembengkakan.

Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.@AlexMarquez73 Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.

"Saat itu, Anda harus jujur dengan tubuh dan memahami situasi. Saya melakukan itu, kembali ke pit dan segera memberitahu tim apa yang terjadi," ujar Marquez.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X