Besok BPTJ Tambah Armada Bus Gratis, Ada di Stasiun Cilebut, Bojong Gede dan Citayam

Kompas.com - 19/07/2020, 11:15 WIB
Bus Gratis Stasiun Kompas.com/Fathan RadityasaniBus Gratis Stasiun
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali menyiapkan armada bus gratis sebagai angkutan alternatif bagi pengguna KRL pada Senin (20/7/2020).

Hal ini dilaksanakan dalam upaya mengantisipasi penumpang kereta yang terpantau berlebih di setiap awal pekan. Menariknya, bus ini tidak hanya ada di Stasiun Bogor, namun juga melalui Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, dan Stasiun Citayam.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) Polana B. Pramesti menjelaskan, total ada 125 bus yang dialokasikan dengan volume terbanyak berada di Stasiun Bogor.

Baca juga: Kemenhub Kejar Pembangunan Fasilitas Uji Kendaraan Listrik

Petugas memberangkatkan angkutan bus gratis di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/12/2019). PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyediakan angkutan bus gratis untuk mudik Hari Natal 2019 dan Tahun baru 2020 bagi penumpang kapal laut yang pulang ke kampung halamannya.ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO Petugas memberangkatkan angkutan bus gratis di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/12/2019). PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyediakan angkutan bus gratis untuk mudik Hari Natal 2019 dan Tahun baru 2020 bagi penumpang kapal laut yang pulang ke kampung halamannya.

Rinciannya, 80 bus terdiri dari 30 bus sedang dan 50 bus besar di Stasiun Bogor dengan tujuan Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Dukuh Atas/Sudirman, dan Stasiun Tebet.

Untuk titik keberangkatan Stasiun Cilebut akan disediakan sebanyak 7 bus sedang dan Stasiun Bojong Gede sejumlah 8 bus sedang. Bus-bus itu untuk tujuan meliputi Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Dukuh Atas/Sudirman, dan Stasiun Tebet.

Untuk Stasiun Cilebut, lanjut Polana, titik keberangkatan bus berada di Perumahan Pesona Cilebut. Sedangkan untuk Stasiun Bojong Gede, bus akan di siapkan di Terminal Angkot Bojong Gede.

Selanjutnya, untuk keberangkatan dari Stasiun Citayam akan disiapkan bus sedang sebanyak 5 unit. Untuk keberangkatan dari Stasiun Citayam ini bus akan melayani masyarakat dengan tujuan Stasiun Sudirman, Stasiun Manggarai dan Stasiun Juanda.

Baca juga: IMI Akui Legalkan Status Motor Custom Tak Mudah

Kabin bus gratis dari BPTJBudi Rahardjo Kabin bus gratis dari BPTJ

Selain dari stasiun-stasiun di atas, masyarakat Bogor juga dapat memanfaatkan layanan 10 unit bus besar yang akan disiapkan melalui Botani Square dengan tujuan Stasiun Sudirman / Dukuh Atas dan Stasiun Juanda.

Kemudian, untuk pengguna KRL dari Bekasi yang akan memanfaatkan layanan angkutan alternatif, disediakan sebanyak 15 unit bus besar di Stasiun Cikarang. Tujuannya adalah Stasiun Manggarai dan Stasiun Dukuh Atas / Sudirman.

"Namun potensi terjadinya antrean di stasiun tetap ada karena adanya penerapan protokol kesehatan yang dilalui masyarakat," ujar Polana di keterangan tertulis, Sabtu (18/7/2020).

"Penegakkan protokol kesehatan berupa pengukuran suhu tubuh dan adanya keharusan menjaga jarak baik selama berada di wilayah stasiun, secara otomatis akan mengakibatkan terjadinya penumpukan antrean,” lanjutnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X