IMI Akui Legalkan Status Motor Custom Tak Mudah

Kompas.com - 19/07/2020, 07:22 WIB
Motor custom Suzuki Thunder 250 bergaya chopper garapan Spring Legacy Dok. KustomfestMotor custom Suzuki Thunder 250 bergaya chopper garapan Spring Legacy
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Motor Indonesia ( IMI) berharap hasil kreativitas para pencinta otomotif dalam membuat sepeda motor maupun mobil custom, segera mendapatkan lampu hijau dari pemerintah.

Dengan kata lain, hasil para kreator otomotif tersebut sudah bisa dikendarai di jalan raya seperti kendaraan dari pabrikan pada umumnya.

Jika hal itu terjadi, maka potensi yang dimiliki oleh para Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) otomotif di dalam negeri semakin bisa dikembangkan.

Sehingga, hasil karya para penggiat otomotif yang selama ini banyak dijual di pasar mancanegara bisa segera dipasarkan di dalam negeri.

Baca juga: Alasan Kenapa Wiper Tak Boleh Dinyalakan Saat Kondisi Kering

Sekretaris Jenderal (Sekjen) IMI Jeffrey JP mengatakan, untuk bisa mendapatkan sertifikasi atau status legal dari pemerintah memang membutuhkan pembahasan yang lebih jauh.

Motor custom Honda Super Cub 90 bergaya cafe racer karya mahasiswa asal TaiwanReturnofthecaferacer.com Motor custom Honda Super Cub 90 bergaya cafe racer karya mahasiswa asal Taiwan

Tak hanya sebatas usulan dari IMI saja, tetapi juga perlu duduk bersama dari berbagai pihak terkait guna membahas masa depan dari motor maupun mobil custom di Indonesia.

“Kami meminta dukungan dari semua bagian di pemerintah, sehingga bisa melegalkan motor maupun mobil custom untuk bisa melegalkan produk UMKM otomotif tersebut,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (17/7/2020).

Jeffrey menambahkan, IMI siap menampung setiap usulan atau masukan dari para kreator motor custom untuk disampaikan kepada pemerintah maupun pihak terkait.

Baca juga: Koleksi Motor, Jokowi Diharapkan Dukung Legalitas Custom

Termasuk mengenai persyaratan agar hasil karya dari para seniman otomotif ini bisa mendapatkan pengakuan atau legalitas.

Tentunya persyaratan tersebut juga tidak memberatkan bagi para kreator tersebut sehingga UMKM otomotif tetap bisa berkembang.

Motor custom Honda CBR150R bergaya scrambler garapan Jowo CustomIstimewa Motor custom Honda CBR150R bergaya scrambler garapan Jowo Custom

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X