Curhat Daihatsu soal Kendala Recall Luxio dan Gran Max

Kompas.com - 18/07/2020, 08:22 WIB
Daihatsu New Luxio di tepi jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan Febri ArdaniDaihatsu New Luxio di tepi jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) hingga saat ini mengaku telah memperbaiki 9.043 unit Gran Max dan Luxio yang masuk program recall akibat masalah setang seher. Artinya, pencapaian tersebut baru 24 persen dari total 36.915 unit yang terindikasi.

Meski diklaim cukup baik, bukan berarti tanpa kendala. Menurut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM, ada beberapa situasi yang membuat penanganan perbaikan menjadi lebih lama.

"Selain karena pandemi, kendala lain terutama untuk daerah di luar Jawa, seperti Sumatera, Sulawesi, dan Indonesia Bagian Timur (IBT), di sana selain jaringan diler tak sebanyak di Jawa, jarak tempuhnya pun cukup jauh-jauh," ucap Bambang saat sesi tanya jawab secara virtual, Jumat (17/7/2020).

Baca juga: Ajak Kei Car Daihatsu Jalan-jalan di Jakarta, Banyak yang Baper

Bambang menjelaskan, untuk di Pulau Jawa lebih mudah bukan hanya karena masalah fasilitas, melainkan juga didukung oleh informasi soal recall yang lebih cepat dan mudah diterima pemilik kendaraan.

Daihatsu Gran Max Pikap Daihatsu Gran Max Pikap

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengatakan, pada dasarnya tingkat kesadaran masyarakat sudah cukup baik terhadap masalah recall.

Hanya saja, kondisi tersebut juga tergantung dari bagaimana pola konsumennya, apalagi untuk jenis kendaraan niaga seperti Gran Max.

Baca juga: Belum Rampung, Daihatsu Masih Recall Gran Max dan Luxio 

Dari segi pemilik kendaraan mungkin akan lebih mudah, tetapi bila unitnya disewakan dan digunakan oleh konsumen, maka hal tersebut akan menjadi sulit untuk mengatur waktu ke bengkel guna melakukan perbaikan atau pergantian komponen setang seher.

 Gran Max banyak dipilih modifikator dalam ajang Daihatsu Dress Up Challenge 2019KOMPAS.com/Dio Gran Max banyak dipilih modifikator dalam ajang Daihatsu Dress Up Challenge 2019

"Kalau pemilik tidak masalah, tapi kalau pengguna atau penyewa akan sulit karena menyangkut masalah bisnis dan waktu. Bila mereka ke bengkel untuk melakukan perbaikan selama 14 jam itu tentu akan membuat mereka rugi," ujar Amel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.