Ajak Kei Car Daihatsu Jalan-jalan di Jakarta, Banyak yang Baper

Kompas.com - 15/07/2020, 08:02 WIB
Tes jalan Daihatsu Wake KOMPAS.com/SETYO ADITes jalan Daihatsu Wake
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengupas desain dan interior, kesempatan berikutnya giliran mengajak Daihatsu Wake menjelajah jalan Ibu Kota. Tujuannya tentu untuk merasakan impresi berkendara sekaligus mencicipi performanya.

Seperti dibahas sebelumnya, meski satusnya Kei Car namun untuk urusan kenyamanan dan kelapangan kabin tak perlu diragukan lagi. Begitu juga untuk posisi berkendara.

Ruang yang lapang dari legroom dan headroom, membuat pengendara dewasa cukup nyaman, jauh dari kesan sesak dan sempit. Tak hanya itu, salah satu yang membuatnya paling menarik adalah sisi visibilitasnya.

Baca juga: Kamuflase di Balik Visual Mungil Daihatsu Wake

Meski memiliki dimensi yang minim namun desain kaca depan Wake yang membentang di pilar A membuat pengendara mendapatkan pandangan yang cukup baik saat berkendara.

Suasana ini tak lepas dari konsep Fine Vision yang diterapkan Daihatsu, sayang kemudi sepertinya dibuat statis atau tak ada tuas untuk mengatur ketinggiannya.

Menilik interior Daihatsu Wake, Kei Car asal JepangKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Menilik interior Daihatsu Wake, Kei Car asal Jepang

Suara mesin yang keluar dari depan setelah menekan tombol start-stop engine juga cukup halus. Buat yang penasaran, sebagai Kei Car, Daihatsu Wake dibekali mesin 12 Valve DOHC tiga silinder berkubikasi 660 cc.

Namin, Wake yang redaksi gunakan sudah dilengkapi dengan turbo intercooler. Berdasarkan data, mesin berkode KF tersebut mampu menyalurkan tenaga sebesar 64 tk pada rpm 6.400 dan torsi 92 Nm di putaran 3.200 rpm yang disalurkan ke sisitem transmisi CVT.

Saat mengajak jalan di jalur kemacetan Jakarta, Wake cukup lincah diajak bermanuver. Menyalip beberapa kendaraan di lintasan padat, tak membuatnya sulit bergerak, apalagi dimensinya juga cukup mini.

Putaran kemudinya juga mudah untuk dikendalikan yang membuat karakter Wake cukup fun to drive. Namun demikian memang tak bisa dipungkiri bila tarikan bawahnya sedikit terasa berat.

Baca juga: Berkenalan dengan Daihatsu Wake, Kei Car Jepang Berparas Unik

Masuk ke lintasan bebas hambatan alias jalan tol, sesekali ketika kondisi sedikit lapang, pedal gas kami injak lebih dalam guna merasakan performa putaran atasanya. Alhasil, Wake pun mampu melaju hingga 100 kpj dengan mudah meski dengan kubikasi mesin yang minim.

Mesin Daihatsu WakeKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mesin Daihatsu Wake

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X