Alasan Disc Brake Motor Dibuat Bergelombang, Bukan Sekadar Estetika

Kompas.com - 14/07/2020, 10:42 WIB
Disc Brake Malossi Pro-ScooterDisc Brake Malossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor modern umumnya sudah dibekali dengan rem cakram atau disc brake. Sistem pengereman ini terbukti lebih baik dibandingkan rem tromol atau drum brake.

Disc brake yang banyak digunakan pada motor berbentuk bulat dengan lubang-lubang kecil. Namun, ada juga disc brake yang pinggirannya bergelombang atau membentuk lingkaran sempurna.

Baca juga: Berkendara Agresif Bisa Rusak Piringan Rem Cakram

Bentuk yang unik tersebut tidak hanya dapat meningkatkan estetika pada motor. Namun, disc brake bergelombang juga memiliki fungsi yang penting.

Cakram berukuran besar di roda depan Zero DSKompasOtomotif - AFH Cakram berukuran besar di roda depan Zero DS

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, desain pinggiran yang bergelombang pada disc brake berfungsi agar pengereman lebih optimal dan nyaman.

"Sebab, pelepasan panas pada disc brake menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Sehingga, bisa menjaga kenyamanan pengereman," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Fungsi Lubang pada Rem Cakram, Bukan Sekadar untuk Gembok

Pada disc brake biasa, pelepasan panas dilakukan melalui lubang-lubang kecil di tengah piringan. Sedangkan pada disc brake yang bergelombang, pelepasan panas tak hanya pada lubang-lubang kecil, tapi juga pinggirannya yang bergelombang.

Sehingga, rem tetap bekerja secara optimal. Sebab, jika disc brake terlalu panas, dapat memengaruhi kualitas pengereman.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X