Kompas.com - 14/07/2020, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu alat penyimpan daya, powerbank ternyata tidak bisa ditinggal sembarangan di dalam mobil. Sejumlah kasus memperlihatkan, meninggalkan powerbank di kabin mobil dapat memicu terjadinya kebakaran.

Anjar Rosjadi, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, semua perangkat elektronik yang menggunakan baterai lithium punya potensi untuk meledak.

Meski begitu, ia menambahkan bahwa menggunakan powerbank di dalam mobil boleh saja dilakukan asalkan dilakukan secara benar.

Baca juga: Komentar Asosiasi Parkir Soal ZX-25R Tidak Bisa Masuk Parkiran Moge

Kebakaran mobil Mitsubishi Expander di atas fly over Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (31/8/2019).Dok. Satlantas Polresta Pekanbaru Kebakaran mobil Mitsubishi Expander di atas fly over Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (31/8/2019).

Anjar juga mengatakan, kejadian powerbank meledak biasanya terjadi karena kecerobohan pengguna mobil sendiri.

“Jika powerbank diletakkan di dalam kabin mobil untuk waktu yang lama, meskipun tidak tercolok, kemudian parkir di tempat yang terik, otomatis suhu di dalam mobil juga akan menjadi panas, hingga memicu powerbank meledak,” ucap Anjar kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut dia, ledakan powerbank mungkin tidak terlalu besar. Namun, komponen mobil biasanya tersusun dari bahan-bahan yang mudah terbakar.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta buat yang Punya Garasi Mungil

etugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur memadamkan api yang bersumber dari korsleting listrik pada bagian mesin mobil sedan di Balekembang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (16/3/2020). ANTARA/HO-Damkar Jaktim etugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur memadamkan api yang bersumber dari korsleting listrik pada bagian mesin mobil sedan di Balekembang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (16/3/2020).

Hal ini yang membuat mobil bisa terbakar menyeluruh, terutama saat ada api yang menyambar.

Terakhir, Anjar menyarankan pemilik mobil untuk mengecek barang-barang sebelum meninggalkan mobil. Jangan sampai ada powerbank yang tertinggal di mobil.

Selain itu, ada baiknya memilih menggunakan powerbank dengan kualitas baik. Powerbank dengan baterai murahan ternyata lebih mudah meledak dan memicu percikan api.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.