Pahami Fungsi Snorkel pada Kendaraan Off Road

Kompas.com - 10/07/2020, 10:42 WIB
penggunaan snorkel Ivan Arifpenggunaan snorkel

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa pemilik kendaraan penggerak semua roda atau 4x4, menggunakan mobilnya untuk kegiatan bertualang atau adventure. Tentunya untuk menunjang aktivitas itu, ada beberapa suku cadang yang ditambah.

Salah satu modifikasi yang jamak dilakukan yaitu penambahan snorkel. Snorkel ini berfungsi untuk memindahkan titik pengambilan udara untuk mesin ke posisi yang lebih tinggi.

Jadi misalnya saluran udara mobil standar tingginya setara dengan kap mesin, ketika mengganti dengan snorkel, titik pengambilan udaranya jadi lebih tinggi, dekat dengan atap mobil.

Baca juga: Mulai Rp 1,5 Jutaan, Ini Daftar Motor Bebek Bekas di Bursa Lelang

 

Snorkel mobil 4X4cintamobil.com Snorkel mobil 4X4

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, memasang aksesoris seperti snorkel pada kendaraan bisa mengganti fungsi saluran udara standar dan berguna ketika dipakai off road.

“Fungsinya sama seperti saluran udara biasa dengan letak yang lebih tinggi. Selain itu, snorkel dibutuhkan untuk offroad sehingga saat melewati genangan air yang tinggi, tidak masuk ke mesin, menghindari water hammer,” ucap Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Udara yang masuk ke saluran snorkel, langsung menuju ke filter udara, setelah itu disalurkan ke ruang mesin. Ketika memasang snorkel, pemilik harus melubangi fender dan pilar A agar udara dari atas bisa tersalurkan menuju filter udara.

Baca juga: Wacana Ojek Online Jadi Perusahaan Transportasi demi Keadilan

Namun menambah snorkel pada kendaraan bukan berarti tidak ada efeknya. Julian Johan alias Jeje, Pebalap Offroad Nasional, mengatakan, penggunaan snorkel sedikit menurunkan performa kendaraan.

“Penurunan performanya memang tidak terlalu terasa, masih aman. Untuk orang yang senang offroad, tidak terlalu masalah dengan penurunan performanya, yang penting ketika melewati sungai, tidak mogok,” kata Jeje kepada Kompas.com.

Jeje mengatakan, saluran udara yang lebih tinggi, membuat proses udara masuk ke ruang mesin menjadi lebih lama sehingga kurang responsif. Kalau mau cari performa lebih bagus, bisa gunakan saluran snorkel yang lebih pendek



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X