Yuk Cek Sendiri Volume dan Kualitas Oli Motor

Kompas.com - 10/07/2020, 19:21 WIB
Ganti Oli Motor Foto: RideapartGanti Oli Motor

JAKARTA, KOMPAS.comOli pada mesin motor berfungsi untuk melumasi komponen yang bergerak. Selain itu, volume oli pada mesin juga perlu disesuaikan dengan spesifikasi, jangan sampai kelebihan atau kekurangan.

Jika oli kelebihan dari standarnya, tarikan mesin menjadi berat. Selain itu oil seal bisa rusak dan bocor, menyebabkan oli masuk ke ruang bakar sehingga knalpot jadi ngebul.

Sedangkan kalau kekurangan oli, pelumasan ke komponen mesin menjadi tidak maksimal, sehingga bisa cepat panas dan aus. Lalu bagaimana cara mengecek volume oli yang ada di dalam mesin motor?

Baca juga: Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 400 Jutaan

Cek oli motorOtomotifzone.com Cek oli motor

“Pengecekan volume oli bisa melalui tuas level oli. Pada tuas tersebut tersedia indikator atas (upper) dan bawah (lower),” ucap Endro Sutarno, Technical Service Divisio PT Astra Honda Motor, kepada Kompas.com belum lama ini.

Tuas level oli biasanya terletak dekat knalpot motor skuter matik (skutik) sedangkan pada motor bebek dan sport, ada di bagian kanan dekat tuas rem belakang. Cara mengecek volumenya, bersihkan terlebih dahulu tutup olinya.

Setelah dibersihkan, masukan kembali tutup oli ke lubang masuk, tidak perlu dikencangkan. Lalu ambil kembali, akan ada sisa oli di tutup oli. Jika sisa oli ada di antara batas upper dan lower, volumenya masih aman.

Baca juga: 3 Mobil Bekas Paling Dicari di Situs Online Masa Pandemi

Sedangkan jika ada di bawah batas lower, berarti volume oli kurang dan di atas batas upper berarti volumenya berlebihan. Pastikan ketika mengecek volume oli, motor menggunakan standar tengah dan di atas permukaan yang datar.

Ketika membersihkan tuas level oli, saat itu juga bisa mengecek kondisi oli yang ada di kendaraan kita. Gofur, kepala mekanik Astra Motor Center Jakarta mengatakan, mengecek kondisi oli bisa dilihat dari fisiknya.

Warna olienginebasics.com Warna oli

“Kita bisa lihat dari warnanya. Kalau oli sudah jelek, warnanya akan berubah jadi hitam,” kata Gofur kepada Kompas.com.

Melihat warna oli merupakan hal yang paling mudah dilakukan jika memang ingin mengecek apakah masih bagus atau tidak. Kalau mengecek kekentalannya akan sulit membedakan apakah oli perlu diganti atau tidak.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X