Honda Pilih Pertahankan Pangsa Pasar

Kompas.com - 09/07/2020, 17:31 WIB
Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak corona (Covid-19) membuat perkonomian di Indonesia melemah. Imbasnya juga sangat berpengaruh pada kondisi pasar otomotif yang mengalami penurunan cukup jauh dibandingkan tahun lalu.

Tak heran bila akhirnya Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) mengambil langkah merevisi target penjualan yang cukup signifikan. Dari awalnya 1,05 juta unit terjun sampai 600.000 unit sepanjang 2020.

Lantas bagaimana dengan PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam menyikapi kondisi sekarang ini. Termasuk soal prediksi kapan pasar bisa kembali bergerak normal.

Baca juga: Mitsubishi Tawarkan Xpander dengan Bunga Nol Persen

Menjawab hal ini, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, belum bisa memperkirakan atau memprediksi soal bagaimana pasar otomotif ke depannya.

Honda Brio RSKOMPAS.com/Gilang Honda Brio RS

"Sulit sekali untuk diprediksi pasar mobil ini ke depan akan seperti apa karena situasi yang belum stabil, tapi pastinya kita berharap yang terbaik, fokus, dan optimis saja," ucap Billy dalam sesi tanya jawab secara virtual, Kamis (9/7/2020).

"Memang sudah ada cenderung meningkat karena ada aktivitasi yang mulai jalan dan ini pun efek domino. Sampai kapan akan pulih, kita harap secepatnya, tapi kita sendiri belum tau bagaimana keadaannya ini sampai ke depan," kata dia.

Menyikap kondisi saat ini, Billy pun lebih memilih untuk fokus pada satu hal, yakni mengoptimalkan kenyamanan bagi konsumen melalui fasilitas pelayanannya. Baik dalam hal memiliki atau memudahkan.

Baca juga: Penjualan Mobil Transmisi Manual Honda Mendadak Naik

Sejumlah pengunjung saat acara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pemeran yang akan berlangsung hingga 29 April 2018 itu diikuti pelaku industri otomotif Tanah Air dengan menampilkan produk unggulan.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL Sejumlah pengunjung saat acara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Pemeran yang akan berlangsung hingga 29 April 2018 itu diikuti pelaku industri otomotif Tanah Air dengan menampilkan produk unggulan.

Sementara ketika disinggung soal revisi target dari kondisi normal ke situsai yang saat ini, Billy hanya menjelaskan bila Honda kini berusaha untuk bisa mempertahankan market share-nya.

"Untuk target kami paling tidak kami berusaha untuk mempertahankan market share kami di 14,3 persen saja. Jadi itu yang jadi target kami," ucap Billy.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X