Ini Pilihan Sleeper Bus yang Ada di Indonesia

Kompas.com - 09/07/2020, 13:59 WIB
Sleeper Bus phinemo.comSleeper Bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Kelas pelayanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia saat ini semakin beragam. Dahulu sempat terkenal sleeper bus oleh perusahaan otobus (PO) Brilian pada tahun 2016, namun sudah tidak beroperasi lagi.

Namun bagi yang ingin mencoba sensasi naik bus di atas kasur, keberadaan sleeper bus saat ini masih ada di Indonesia. Perlu diketahui, sleeper bus ini berbeda dengan sleeper seat maupun suites class yang beberapa tahun terakhir ini sedang tren.

Sleeper seat dan suites class biasanya menggunakan kursi yang bisa diatur kerebahannya sampai 150 derajat. Sedangkan sleeper bus benar-benar menggunakan kasur untuk tempat penumpang duduk atau tidur.

"Di Makassar masih ada bus sleeper. Ada yang full semua kursinya sleeper dan ada juga yang cuma di bagian belakang," ucap Dimas Raditya, anggota Forum Bismania Indonesia kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Harga Sepantar, Pilih Mana Honda PCX Bekas atau Vario 150 Baru?

Sleeper bushaltebus.com Sleeper bus

Berbeda dengan suites class yang menggunakan model bus khusus, sleeper bus tetap menggunakan bodi bus pada umumnya. Pada bagian kabin sleeper bus, dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk kursi biasa dan tempat tidur.

Berikut ini PO yang memberikan pilihan kelas sleeper bus di Indonesia

1. PO Putra Jaya

PO ini menyediakan kelas paling mewah yang dinamai Vicolux dengan fasilitas kasur yang dilengkapi bantal serta guling. Pada armada yang dimiliki PO Putra Jaya, tersedia kursi biasa pada bagian depan dan empat tempat tidur yang ada di belakang.

Baca juga: Daftar Harga Sedan Bekas di Bursa Lelang, Honda City Rp 41 Juta

Susunan tempat tidurnya dibuat menumpuk agar tidak terlalu memakan ruang. Selain itu, diberikan juga sistem hiburan audio video on demand (AVOD) pada setiap tempat tidurnya. PO ini melayani trayek Makassar – Palopo

2. PO Bintang Prima

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X