Polisi Gratiskan Perpanjangan SIM Petugas Medis di Wisma Atlet

Kompas.com - 01/07/2020, 08:12 WIB
Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengapresiasi jasa para tenaga medis yang selama ini berjuang menangani pandemi Covid-19, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, akan memberikan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis bagi para petugas medis, serta relawan yang bertugas di Wisma Atlet.

Melansir dari NTMC, Nana mengatakan dengan pengabdian kerja keras para tenaga medis dan relawan telah memberikan hasili positif melalui angka penyembuhan yang tembus melampaui angka korban meninggal dunia.

"Kita tahu bahwa dari awal pandemi Covid ini muncul, angka korban meninggal lebih tinggi dibanding korban yang sembuh, tetapi berkat perjuangan kerja keras dari para tenaga medis, kini angka penyembuhan lebih tinggi dibanding korban meninggal dunia. Tentu ini hal positif dan Ini semua berkat tim medis," ucap Nana beberapa hari lalu.

Baca juga: Begini Cara Mudah Merawat Kaca Film Mobil

Menurut Nana, tim medis yang telah berjibaku mengatasi pasien Covid-19 merupakan pejuan kesehatan yang kemanusiaan. Baik itu dalam pencegahan atau penyembuhan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

LAHIR TANGGAL 1 JULI DAPAT KERINGANAN PERPANJANGAN & PEMBUATAN SIM A DAN C WILAYAH POLDA METRO JAYA . Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. menyelenggarakan: - Khusus Yang Lahir Tanggal 1 Juli pelayanan perpanjangan dan pembuatan SIM baru khusus SIM A & C pembayaran PNBP didukung oleh Bank BRI Pendaftaran mulai tanggal 25 s.d 30 Juni 2020 Jumlah kuota: - Baru: 200 SIM - Perpanjangan: 300 SIM . Persyaratan: 1. E-KTP asli & foto copy 2. Lulus tes kesehatan 3. Lulus ujian teori & praktik (SIM Baru) 4. SIM asli (Proses Perpanjangan) . Lokasi pendaftaran & pelaksanaan pelayanan di SATPAS Polda Metro Jaya Jl. Daan Mogot KM 11 Jakarta Barat *Catatan: Wajib patuhi protokol kesehatan Covid-19 #HariBhayangkaraKe74

A post shared by NTMC POLRI (@ntmc_polri) on Jun 21, 2020 at 5:19am PDT

Oleh sebab itu, sebagai wujud apresiasi, Nana mengatakan Polda Metro Jaya memberikan perpanjangan SIM secara cuma-cuma yang akan dilangsung selama dua hari, yakni pada 3-4 Juli 2020.

"Ini sebagai apresiasi kepada pejuang kesehatan, maka itu kami memberikan khusus pada tanggal 3 dan 4 Juli, yang telah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara," kata Nana.

Baca juga: Jangan Sepelekan Takaran Oli Mesin Mobil, Akibatnya Fatal

Mengkonfirmasi soal ini, Kasi SIM Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, menjelaskan bila hal itu memang sebagai wujud apresiasi, namun untuk jumlahnya dia belum mengatahui secara pasti.

Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.id Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

Sementara untuk kuota peserta SIM Khusus dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli 2020, masayarakat yang mendaftar memang tidak terlalu banyak. Dari total kuota 500 pemohon, hanya 125 saja yang melakukan pendaftaran.

"Hingga hari terakhir 125 pemohon yang sudah mendaftarkan, jadi kita sudah tutup. Meski kuotanya masih ada, tapi kami tetap berdasarkan aturan awal bila pendaftaran sampai hari ini saja," ucap Hedwin kepada Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X